Pengacara Bripka RR Usai Ikut Hakim Tinjau Rumah Sambo: Mungkin Mau Hayati TKP Kematian Yosua

| 04 Jan 2023 18:05
Pengacara Bripka RR Usai Ikut Hakim Tinjau Rumah Sambo: Mungkin Mau Hayati TKP Kematian Yosua
Rumah dinas Ferdy Sambo (Dok. Antara)

ERA.id - Pengacara terdakwa pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), Bripka Ricky Rizal Wibowo (Bripka RR), Erman Umar mengatakan kedatangan majelis hakim, jaksa, dan pengacara ke rumah terdakwa Ferdy Sambo, hanya untuk tinjauan saja.

Erman pun tampak menyindir hakim yang meninjau rumah Sambo. Dia menyebut, hakim seolah-olah sedang menghayati TKP kematian Yosua.

"Hakim hanya melihat-lihat TKP. Tidak ada pertanyaan atau perdebatan, setelah itu bubar. Mungkin (hakim) mau membayangkan dan menghayati lokasi," kata Erman saat dihubungi, Rabu (4/1/2023).

Erman menambahkan pihaknya tidak mendapatkan fakta baru saat meninjau rumah Ferdy Sambo. Sebab, sambungnya, dirinya sudah melihat rumah eks Kadiv Propam Polri ini saat rekonstruksi.

"Kalau tim penasihat hukum Ricky Rizal sudah punya kesimpulan bahwa Ricky Rizal sulit untuk disalahkan sebagai turut serta dalam dakwaan pasal 340 dan 338 Kuhp jo Pasal 55 ayat 1 ke 1. (Peninjauan) cuma untuk hakim, bagi kita nggak ada pengaruh," ucapnya.

Sebelumnya, majelis hakim yang menangani perkara pembunuhan berencana Brigadir J mengecek lokasi Brigadir J terekam CCTV masih hidup di pekarangan rumah dinas Ferdy Sambo, Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Terpantau, Ketua Majelis Hakim, Wahyu Iman Santoso, penasihat hukum seluruh terdakwa, dan jaksa mengecek ke dalam rumah dinas Ferdy Sambo. Tiap ruangan dilihat Wahyu.

Majelis hakim juga mengecek ruangan-ruangan di lantai atas rumah dinas Ferdy Sambo. Wahyu tak banyak bicara ketika melakukan meninjau rumah terdakwa ini. Penjelasan singkat hanya didapatkan Wahyu dari jaksa.

Setelah itu, Wahyu mengecek pekarangan rumah dinas Sambo. Diketahui, pekarangan rumah dinas Sambo menjadi titik yang menunjukkan Yosua masih hidup dari rekaman CCTV di Kompleks Polri Duren Tiga.

Halaman rumah dinas Sambo tampak sudah tak terawat. Banyak rerumputan yang sudah tumbuh tinggi.

"Kan dari sini, kemarin CCTV muncul (Yosua masih hidup) ya. Kita nggak usah komentar sedikit pun, kita cuma melihat lokasi saja, benar di sini. Kita lihat di CCTV kemarin bareng sama-sama di persidangan," kata Wahyu.

Rekomendasi