Viral Juru Parkir Liar di Jakbar Todong Celurit ke Petugas Dishub karena Tak Terima Dirazia, Kasus Selesai Damai

| 10 Feb 2023 12:35
Viral Juru Parkir Liar di Jakbar Todong Celurit ke Petugas Dishub karena Tak Terima Dirazia, Kasus Selesai Damai
Kasus penodongan clurit berakhir damai (Humas. Polsek Kalideres)

ERA.id - Viral di media sosial keributan antara petugas dishub dengan juru parkir liar di Jakarta Barat (Jakbar). Petugas dishub hampir dibacok juru parkir liar dengan celurit.

Dari narasi dan video yang dilihat di akun Instagram @fakta.jakarta, kejadian ini terjadi ketika petugas gabungan sedang melakukan razia di samping Matahari Mal Daan Mogot, Jalan Tanah Lot, Kalideres, Jakbar. Juru parkir di sekitar lokasi tak terima dirazia.

Keributan pun terjadi dan salah satu juru parkir menodongkan celurit ke seorang petugas dishub. Petugas lainnya yang melihat hal itu, langsung mengamankan juru parkir tersebut.

Kapolsek Kalideres AKP Syafri Wasdar membenarkan kejadian ini dan menyebut peristiwa ini terjadi Selasa (7/2) lalu. Syafri menyebut kejadian ini hanya kesalahpahaman saja.

Kejadian berawal ketika petugas gabungan melakukan razia usai menerima laporan jika ada parkir liar di sekitar Matahari Mal Daan Mogot. Kendaraan truk pun dibawa untuk mengangkut motor yang parkir liar.

Juru parkir liar di sekitar lokasi tak terima dan mereka adu mulut dengan petugas. Seorang juru parkir, Tiar pun datang usai dihubungi rekannya. Namun, Tiar bukannya melerai rekannya yang sedang adu mulut dengan petugas, malah mengamuk dan menodongkan celurit.

Tiar mengamuk karena tak terima didorong petugas dishub. Padahal, Syafri menyebut petugas dishub itu menyentuh tukang parkir dengan maksud menenangkannya.

"Namun yang bersangkutan (Tiar) menganggap hal tersebut sebagai tindakan atau mendorong yang mengakibatkan pelaku tidak terima hingga berteriak menantang dan mengambil senjata tajam. Yang bersangkutan mengacungkan celurit sambil berteriak 'kalau berani buka baju'," kata Syafri kepada wartawan, Jumat (10/2/2023).

Tiar pun diamankan petugas dan dibawa ke Polsek Kalideres untuk dilakukan pemeriksaan. Namun saat akan dimasukkan ke dalam mobil, juru parkir liar ini mendapat pukulan di wajahnya 

"Menurut keterangan tukang parkir Tiar, ia mengaku dicekik dan kepalanya ditindih dengan dengkul diatas aspal saat penindakan di lokasi parkir. Bahkan saat hendak dibawa ke dalam mobil petugas, salah satu anggota disana sempat menendang ke wajah Tiar hingga mengakibatkan luka di bibir," ucap Syafri.

Pemeriksaan pun dilakukan dan kasus ini selesai secara restorative justice. Petugas dishub dan juru parkir liar ini berdamai.

"Petugas unit Reskrim Polsek Kalideres telah melakukan mediasi terhadap kedua pihak agar diselesaikan secara musyawarah, kemudian kedua pihak sepakat tandatangani surat pernyataan damai," kata Syafri.

Rekomendasi