Tiga Wilayah di Kabupaten Tangerang Kebanjiran Akibat Diguyur Hujan Semalaman

| 27 Feb 2023 23:00
Tiga Wilayah di Kabupaten Tangerang Kebanjiran Akibat Diguyur Hujan Semalaman
Petugas mengevakuasi warga terdampak banjir di Perumahan Vila Tomang Baru, Desa Gelam Jaya, Kecamatan Pasar Kemis. (BPBD Kabupaten Tangerang)

ERA.id - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Tangerang sejak kemarin malam mengakibatkan banjir di beberapa wilayah tersebut. Ketinggian air di wilayah yang terdampak banjir itu berkisar 50-80 sentimeter.

"Di Perumahan Gelam Jaya, Kecamatan Pasar Kemis, ketinggiannya 40 sentimeter. Di Kecamatan Kronjo tingginya sampai 80 sentimeter, dan di Kecamatan Pakuhaji tingginya 40 sentimeter," ujar Kepala Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, Ujat Sudrajat, Senin (27/2/2023).

Menurut Ujat, banjir terparah berada di Kecamatan Kronjo dan Pakuhaji, di mana terdapat dua rukun warga (RW) yang terdampak dengan ratusan warga yang terdampak.

"Di Kronjo ada 52 kepala keluarga (KK) yang terdampak. Di Pakuhaji ada 350 KK. Dan di Pasar Kemis ada 25 KK. Saat ini semuanya telah mengungsi di lokasi yang telah disediakan," katanya.

Ujat menjelaskan, dari tiga kecamatan di Kabupaten Tangerang yang terdampak banjir itu, semuanya karena luapan kali yang meluap.

"Kalau di Pasar Kemis luapan Kali Cirarab. Di Kronjo itu luapan dari Kali Situgarukgak. Di Pakuhaji Sungai Turi meluap," jelasnya.

Ujat menambahkan, pihaknya telah menurunkan ratusan personel BPBD untuk mengevakuasi para warga dan menangani banjir tersebut.

Rekomendasi