1.450 Warga Kabupaten Tangerang Dapat Jatah Mudik Lebaran Gratis ke 12 Kota Tujuan, Ini Caranya!

| 21 Mar 2023 13:06
1.450 Warga Kabupaten Tangerang Dapat Jatah Mudik Lebaran Gratis ke 12 Kota Tujuan, Ini Caranya!
Ilustrasi mudik (Antara)

ERA.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menyelenggarakan program Mudik Lebaran Gratis 2023 dengan tujuan ke 12 Kabupaten atau Kota di Pulau Jawa. Sebanyak 1.450 kuota disiapkan untuk warga di wilayah tersebut.

"Program ini adalah milik Pemkab Tangerang, bukan Kementerian Perhubungan. Jadi kuota yang kami siapkan sebanyak 1.450 penumpang untuk mudik gratis ini," ucap Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang, Agus Suryana, Selasa (21/3/2023).

"Sebanyak jumlah penumpang itu dengan mengerahkan 28 unit bus jenis bus pariwisata. Ada 12 jurusan yang Kabupaten/kota di Indonesia seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan D.I Yogyakarta," lanjutnya.

Agus menyebutkan, kegiatan serupa sebelumnya juga pernah dilaksanakan pada tahun 2018 dan 2019 dan terhenti pada 2020 lantaran covid-19. Kegiatan ini sebagai bentuk pelayanan Pemkab Tangerang dengan memprioritaskan warganya untuk pulang ke kampung halaman.

"Program ini terbuka bagi pemudik yang merupakan warga Kabupaten Tangerang yang dibuktikan dengan KTP. Selain itu, warga dengan KTP daerah lain juga diperbolehkan ikut selama memiliki domisili atau bekerja di wilayah Kabupaten Tangerang," tuturnya.

Agus menjelaskan, program ini mulai dibuka pada 23-29 Maret 2023. Para calon pemudik hanya melakukan pengisian data diri dan informasi lain melalui link https://forms.gle/tr1MKXkjwHpoJjcn6. Pihaknya lalu akan melakukan verifikasi pada waktu dan tempat yang sudah ditentukan.

"Pendaftaran akan ditutup saat jumlah peserta yang mendaftar sudah memenuhi kuota. Untuk keberangkatan bus mudik gratis lebaran ini dijadwalkan pada Senin tanggal 17 April 2023 nanti," katanya.

"Program ini hanya mengakomodasi untuk perjalanan mudik saja dan tidak untuk arus balik. Lokasi pemberangkatan dan waktunya akan diumumkan kemudian, peserta mudik nantinya harus sudah datang di lokasi minimal 1 jam sebelum berangkat," lanjutnya

Agus menambahkan, untuk kota tujuan ada sebanyak 12 yakni wilayah Jawa Barat yaitu Pangandaran dan Cirebon. Sedangkan Jawa Tengah yakni Semarang, Solo, Wonogiri, Purworejo, dan Wonosobo.

"Kemudian pada Provinsi Jawa Timur ada ke tujuan Madiun, Malang, Surabaya, dan Banyuwangi. Lalu yang terakhir adalah D.I.Yogyakarta," jelasnya.

Rekomendasi