Polisi soal Alasan U-turn di Simpang Pasar Santa Dibuka Kembali: Agar Tidak Terjadi Bottle Neck

| 18 Apr 2023 12:57
Polisi soal Alasan U-turn di Simpang Pasar Santa Dibuka Kembali: Agar Tidak Terjadi Bottle Neck
Ilustrasi polisi lalu lintas (ERA.id)

ERA.id - Putaran balik atau u-turn di Simpang Pasar Santa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel) yang sempat ditutup dengan road barrier beton, dibuka kembali. 

U-turn ini dibuka kembali karena pengalihan arus lalu lintas di kawasan tersebut malah bikin macet.

"Karena kalau kita dari arah Tendean masuk yang ke arah Blok M itu kan terjadi penyempitan. Nah sekarang dengan dibukanya jalur itu, insyaAllah akan menambah lajur tidak terjadi bottle neck di Santa," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Selasa (18/4/2023).

Latif menambahkan pihaknya bersama instansi terkait akan mengevaluasi dari pengalihan arus lalu lintas di Simpang Pasar Santa. Dia membantah bila penutupan u-turn Pasar Santa tidak dengan sosialisasi.

"Kan kita berkoordinasi, tidak bekerja sendiri. Apalagi masalah itu kan bukan tugas dan wewenang kami untuk membongkar. Kita hanya memberi masukan," ujarnya.

Diketahui, road barrier beton yang menutup u-turn di kawasan Pasar Santa, dibongkar pada Senin (17/4) kemarin. Pembongkaran beton ini viral di media sosial.

Dari video dan narasi yang dilihat di akun Instagram @merekamjakarta, petugas gabungan dari PPSU, dishub, dan polisi membongkar beton itu.

Pembongkaran ini karena penutupan u-turn di kawasan Pasar Santa itu malah membuat kemacetan panjang. Usai dibongkar, arus lalu lintas di sekitar lokasi menjadi lancar.

Rekomendasi