Viral Singa Putih Lemas dan Jalan Pincang, Faunaland Ancol Ungkap Penyebabnya

| 30 May 2023 16:36
Viral Singa Putih Lemas dan Jalan Pincang, Faunaland Ancol Ungkap Penyebabnya
Ilustrasi singa. (Antara)

ERA.id - Viral di media sosial satwa singa putih di Faunaland Ancol, Jakarta Utara (Jakut), lemas dan sesekali terjatuh ketika berdiri.

Dari video dan narasi yang dilihat di akun Instagram @jadetabek.info, kejadian ini diketahui usai pengunjung merekam seekor singa bewarna cerah pada Senin (29/5). Singa berbadan ramping ini tampak kesulitan berdiri, sebab dua kaki belakangnya terlihat lemas.

Satwa ini sesekali terjatuh ketika mencoba berdiri. Setelah berdiri dan mencoba untuk berjalan, singa ini tampak pincang.

Manajemen Faunaland Ancol pun angkat bicara soal viral koleksi satwanya ini. Singa itu bernama Thori dan hewan ini ternyata menderita cacat bawaan lahir.

"Kami ingin menegaskan bahwa singa sedang dalam perawatan khusus karena cacat bawaan lahir (atau) feline hip dysplasia. Keadaan ini sayangnya hanya terjadi kepada Thori di mana keluarga Thori, singa-singa putih lain sangat sehat dan kondisi yang prima," kata Direktur operasional Faunaland Ancol, Adam Makalani Kasali dalam keterangannya, Selasa (30/5/2023).

Adam menjelaskan Thori sama seperti satwa lainnya, yakni memiliki hak untuk hidup. Faunaland juga memilki satwa-satwa cacat lain titipan milik negara, seperti macan tutul jawa yang hanya memiliki tiga kaki, atau burung dengan sayap cacat. Semua satwa tersebut tetap dirawat dengan penuh kasih sayang.

"Kami dengan rendah hati meminta agar masyarakat tidak terburu-buru dalam membuat kesimpulan berdasarkan informasi yang belum lengkap atau potongan video yang mungkin tidak mencerminkan realitas sebenarnya," ujar Adam.

Rekomendasi