Jelang KTT ASEAN 2023, Dinas Bina Marga: Perbaikan Jalan Rusak di Jakarta Sudah 50 Persen

| 03 Jul 2023 22:16
Jelang KTT ASEAN 2023, Dinas Bina Marga: Perbaikan Jalan Rusak di Jakarta Sudah 50 Persen
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Suwondo. (Antara)

ERA.id - Perbaikan sejumlah ruas jalan rusak di Ibu Kota untuk menyambut penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 sudah mencapai sekitar 50 persen.

"Lagi proses. 'Progres' (perbaikannya) itu tidak hapal, mungkin ada sekitar 40 atau 50 persen," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Suwondo di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (3/7/2023).

Heru menyebutkan, perbaikan ruas jalan yang rusak itu difokuskan pada jalur yang nantinya  dilewati peserta KTT ASEAN. Paling banyak pengerjaan jalanan di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

Di antaranya Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Medan Merdeka dan Jalan MT Haryono.

Dinas Bina Marga DKI Jakarta menargetkan perbaikan jalan di Ibu Kota selesai pada Agustus 2023.

"Tentunya pekerjaan termasuk pemeliharaan. Tidak mau kerja asal-asalan agar jalanan tidak rusak jelang KTT ASEAN, karena akan menjadi tanggung jawab," kata Heru.

Selama ini, kata Heru, masalah kerusakan jalan di Ibu Kota disebabkan genangan air yang mengikis aspal hingga akhirnya jalan tersebut cepat berlubang. Karena itu, Heru menegaskan, kualitas aspal harus baik.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI fokus memperbaiki 18 ruas jalan nasional di Jakarta menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jakarta pada 5-7 September 2023.

Anggaran perbaikan 18 ruas jalan nasional di Jakarta jelang KTT ASEAN ini mencapai Rp128 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"(Anggaran) Ya, dari APBD. Untuk yang di Dinas saja (11 jalan yang menjadi tanggung jawab Dinas Bina Marga DKI Jakarta) Rp114 miliar, kalau total semua Rp128 miliar," kata Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga DKI Jakarta Sofiatun saat dihubungi di Jakarta.

Adapun 11 ruas jalan yang dipegang Dinas Bina Marga DKI Jakarta yaitu Jalan MH Thamrin, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Medan Merdeka Utara, dan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Kemudian, Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Medan Merdeka Timur, Jalan MI Ridwan Rais, Jalan Rasuna Said, Jalan MT Haryono, Jalan Gatot Subroto dan Jalan Halim.

Sedangkan empat jalan lainnya, yaitu Jalan Kebon Sirih, Jalan Haji Agus Salim, Jalan Arif Rahman Hakim (Tugu Tani) dan Jalan Kramat Kwitang ditangani Suku Dinas Bina Marga Jakarta Pusat.

Untuk Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Panglima Polim ditangani Suku Dinas Bina Marga Jakarta Selatan. Terakhir, Jalan DI Panjaitan ditangani Suku Dinas Bina Marga Jakarta Timur.

Rekomendasi