8 RT di DKI Masih Terendam Banjir pada Malam Hari Ini, Tinggi Air Hingga 80 Cm

| 07 Jul 2023 20:35
8 RT di DKI Masih Terendam Banjir pada Malam Hari Ini, Tinggi Air Hingga 80 Cm
Ilustrasi banjir di Jakarta. (Antara)

ERA.id - BPBD DKI Jakarta mencatat empat ruas jalan di kawasan Jakarta Selatan (Jaksel) yang sempat terendam banjir sudah surut seluruhnya. Namun, masih ada 8 RT di sejumlah wilayah di Jaksel yang tergenang air.

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di empat ruas jalan tergenang dan delapan RT, saat ini menjadi delapan RT atau 0,026 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kasatpel Pengolahan Data dan Informasi BPBD DKI Michael Sitanggang kepada wartawan, Jumat (7/7/2023).

Banjir pada hari ini seluruhnya terjadi di wilayah Jaksel. Michael menjelaskan banjir empat RT di Kebayoran Lama Utara, satu RT di Kramat Pela, satu RT di Kalibata, dan tiga RT di Jatipadang telah surut. Genangan air di satu RT di kawasan Ragunan dan dua RT di Cilandak Timur juga sudah surut.

Dia pun menyebut banjir yang terjadi pada hari ini disebabkan curah hujan yang tinggi dan luapan Kali Mampang. Untuk daerah yang masih banjir yakni di dua RT di kawasan Pela Mampang dengan ketinggian air mencapai 50 centimeter (cm).

Sebanyak satu RT di Kuningan Barat juga banjir dengan tinggi air 60 cm. Satu RT di kelurahan Pancoran masih terendam air dengan ketinggian 80 cm.

Kemudian, ada empat RT di Duren Tiga yang masih digenangi air dengan tinggi 30 cm.

Banjir ini tak menyebabkan warga mengungsi ke tempat aman. BPBD DKI Jakarta pun mengimbau warga untuk mewaspadai potensi munculnya genangan air.

Rekomendasi