Heru Budi Sebut Pembangunan Proyek Sodetan Ciliwung Inisiasi Jokowi Saat Jadi Gubernur DKI Jakarta

| 31 Jul 2023 13:14
Heru Budi Sebut Pembangunan Proyek Sodetan Ciliwung Inisiasi Jokowi Saat Jadi Gubernur DKI Jakarta
Presiden Jokowi, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dan PL Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. (Antara)

ERA.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan proyek sodetan Kali Ciliwung merupakan inisiasi Presiden Joko Widodo pada 2012 saat menjabat sebagai Gubernur DKI untuk mengatasi banjir di Ibu Kota.

"Kami sedikit sampaikan bahwa ini adalah inisiasi pada tahun 2012 saat Pak Presiden menjadi Gubernur DKI Jakarta," kata Heru dalam sambutan peresmian Sodetan Ciliwung di Inlet Sodetan Ciliwung Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (31/7/2023).

​​​​​Heru mengungkapkan, saat itu (2012) terjadi banjir di DKI Jakarta. "Beliau sebagai gubernur, hal ini dilanjutkan sampai hari ini," kata Heru.

Heru menyebutkan, proyek sodetan Ciliwung ini dimulai sejak 2013. Proyek pembangunan tersebut memakan waktu selama 7 tahun hingga diresmikan hari ini.

"Jadi proyek dimulai sejak 2013. Karena itu Bapak, kami atas nama masyarakat DKI Jakarta terima kasih kepada Pak Presiden dan Menteri PUPR yang telah membangun selama kurang lebih tujuh tahun," ujar Heru.

Menurut Heru, sodetan Ciliwung itu mampu mengatasi permasalahan banjir di sejumlah wilayah Jakarta, mulai dari Bidara Cina hingga Manggarai.

Heru juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono karena sudah membangun infrastruktur yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Hari ini meresmikan proyek yang salah satunya mengatasi banjir di wilayah Jakarta, antara lain Bidara Cina, Kampung Melayu, atas Manggarai dan seterusnya," kata Heru.

Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa penyelesaian sodetan Ciliwung setidaknya dapat mengurangi 62 persen masalah banjir di Ibu Kota DKI Jakarta.

"Dengan selesainya sodetan Ciliwung, itu bisa menyelesaikan baru kira-kira 62 persen dari persoalan banjir yang ada di Jakarta," kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan hal tersebut dalam peresmian sodetan Ciliwung di Inlet Sodetan Ciliwung Jatinegara, Jakarta Timur, yang juga dihadiri Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono serta masyarakat sekitar sodetan. (Ant)

Rekomendasi