Memakan Waktu Hampir Tiga Tahun, Al Qur'an Raksasa Tulisan Tangan Presiden Jokowi Diserahkan ke Masjid Sheikh Zayed Solo

| 21 Sep 2023 12:40
Memakan Waktu Hampir Tiga Tahun, Al Qur'an Raksasa Tulisan Tangan Presiden Jokowi Diserahkan ke Masjid Sheikh Zayed Solo
Al Qur’an raksasa (Dok: Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan mushaf Al Qur'an raksasa untuk Masjid Sheikh Zayed Solo, Jawa Tengah. Penyerahan Al Qur'an yang ditulis tangan oleh Jokowi itu diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat Solo.

Rektor UNSIQ Wonosobo Zaenal Sukawi mengatakan persembahan mushab Al Qur'an akbar yang diberi nama Ir H Joko Widodo tersebut sudah dilaksanakan pada pukul 06.15-06.25 WIB. 

"Sudah berjalan dengan lancar, beliau berpesan dengan penyerahan Al Quran akbar tersebut bermanfaat bagi masyarakat Solo dan Wonosobo, Jawa tengah," kata Zaenal, dilansir Antara.

Lalu, kata Zaenal, yang menarik dari Al Qur'an raksasa itu adalah Presiden Jokowi menulis sendiri huruf 'ba' yang terdapat di dalam bacaan bismillah pada surat Al-Fatihah.

Menurut dia, penulisan sudah dilakukan pada tanggal 16 Juni 2017 bertepatan dengan malam 21 Ramadhan 1438 H di Wonosobo, tepatnya di Pondok Pesantren Al-Asy'ariah Wonosobo.

"Sebenarnya nggak sampai empat tahun (proses pembuatan Al Quran raksasa), 2,5 tahun lalu sudah selesai. Waktu mau dipersembahkan pas musim COVID-19, ini akhirnya dipersembahkan dan tadi Pak Jokowi menerima persembahan (dari UNSIQ untuk kemudian diserahkan ke Masjid Sheikh Zayed)," katanya.

Mengenai ukuran dari Al Qur'an tersebut, Zaenal mengatakan Al Qur'an raksasa ini berukuran 3x2 meter ketika dibuka dan saat ditutup berukuran 2x1,5 meter.

Sementara itu, dikatakannya, penyerahan Al Quran di masjid tersebut bertepatan dengan selesainya pembangunan masjid. 

"Ini takdir Allah karena pada saat penulisan kan belum ada masjid ini, ini takdir betul dari Allah, pas mau dipersembahkan ada masjid ini. Melengkapi mushab Al Quran akbar, nanti di masjid ini juga akan terbangun Bustanul Quran, (tujuan untuk) membesarkan dan membumikan nilai-nilai Quran, nanti juga akan di sini," katanya.

Sementara itu, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di Kota Solo sejak sehari sebelumnya. Pada Rabu (20/9) Jokowi menghadiri Apel Akbar KOKAM di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah.

Tags :
Rekomendasi