Viral, Pengemis di Bandung Diduga Pura-Pura Buta, Dinsos: Kami Cari!

| 28 Nov 2023 16:29
Viral, Pengemis di Bandung Diduga Pura-Pura Buta, Dinsos: Kami Cari!
Tangkapan layar

ERA.id - Sempat viral lantaran kelakuannya diduga mengelabui orang dengan menjadi pengemis berkebutuhan khusus buta. Dinas Sosial Kota Bandung lakukan pencarian, terhadap pengemis di kawasan Jalan Siliwangi, Kota Bandung, Selasa (28/11).

Dugaan berpura-pura buta tersebut lantaran pengemis itu berjalan pelan di atas trotoar dengan menggunakan tongkat saat lampu merah. Namun, saat lampu berganti hijau, pengemis itu berjalan santai di atas trotoar tanpa takut jatuh dan tidak menggunakan tongkat. 

Dari penelusuran yang dilakukan ERA.id, video viral terkait aksi si pengemis muncul dalam postingan @vheras*** di media sosial TikTok. Sambil meminta-minta pengemis juga memaksa pengendara mobil untuk memberinya uang.

"Waduh, masa cuma 2.000 neng, bisa kasih saya lagi karena saya mau pulang kampung ke Surabaya," paksa pengemis dalam video tersebut.

Dalam postingan tersebut, ternyata beberapa akun juga pernah mengalami hal yang sama, salah satunya pemilik akun tiktok @rez***nh, dirinya pernah dimintai uang sebesar Rp5 ribu dan makanan, padahal dirinya pernah memberikan pengemis itu uang Rp2 ribu.

Saat dikonfirmasi oleh ERA.id, Kabid Rehabilitas Sosial Dinsos Kota Bandung Irfan Alamsyah menegaskan saat ini sedang menelusuri keberadaan pengemis yang berkordinasi dengan pihak kepolisian.

"Semoga pengemis bisa ditemukan dan kami akan melakukan tindakan agar ada efek jera dari si pengemis, untuk itu kami juga membutuhkan bantuan semua pihak selain dari jajaran kepolisian," paparnya di Bandung.

Untuk penelusuran, pihak dinsos akan melakukan pencarian di lokasi tempat biasa pengemis memaksa orang saat meminta-minta.

"Kami akan melakukan pencarian di kawasan Dago, kawasang Siliwangi dan Jalan Merdeka,"jelasnya.

Rekomendasi