4.041 Personel Gabungan Siap Amankan Natal dan Tahun Baru 2024 di Jakarta

| 18 Dec 2023 13:26
4.041 Personel Gabungan Siap Amankan Natal dan Tahun Baru 2024 di Jakarta
Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto. (Sachril/ERA)

ERA.id - TNI-Polri siap mengamankan libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2024. Sebanyak 4.041 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan pergantian akhir tahun ini di DKI Jakarta.

"Kami, Polri-TNI, aparat pemerintah daerah, dan yang berkompeten persiapan pengamanan natal dan tahun baru. Personel yang kamu siapkan 4.041 yang terdiri dari aparat pemerintah TNI dan Polri," kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (18/12/2023).

Jenderal bintang dua Polri ini menambahkan operasi Lilin 2023 pun digelar untuk pengamanan Natal dan tahun baru 2024, yakni dari 22 Desember 2022 hingga 2 Januari 2024. Dari hal itu, petugas akan melakukan rekayasa lalu lintas bila diperlukan atau bersifat situasional.

Bila arus lalu lintas padat ketika H-2 atau H-1 libur Natal atau tahun baru 2024, maka akan dilakukan contra flow di jalan tol.

"Ini sangat situasional tergantung situasinya. Kalau memang lancar aja, ya biasa aja (tidak ada contra flow)," ucapnya.

Karyoto menyebut TNI-Polri akan mengamankan gereja-gereja di Jakarta agar masyarakat bisa aman dan nyaman ketika beribadah atau saat melaksanakan Natal. Sterilisasi di gereja-gereja sebelum dilaksanakan ibadah ketika Natal bakal dilakukan untuk mencari benda-benda berbahaya.

"Bisa jadi kegiatan kurang beberapa jam kita turun sterilisasi dengan mendayagunakan pengamanan dalam ya, itu sama-sama. Nah dari Pak Pangdam juga punya kemampuan untuk deteksi bom akan kita libatkan jika memang betul-betul dari kami sudah kewalahan jumlah, misalnya beberapa gereja yang besar," ujar Karyoto.

Rekomendasi