Polisi Buru Pelaku Pembuangan Bayi Perempuan di TPST Sidoarjo

| 24 Jan 2024 19:25
Polisi Buru Pelaku Pembuangan Bayi Perempuan di TPST Sidoarjo
Polisi buru pelaku pembuangan bayi di TPST Sukorejo (Dok: Istimewa)

ERA.id - Bayi perempuan ditemukan dalam keadaan meninggal di penumpukan sampah atau di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Desa Sukorejo, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (24/1/2024).

Kaur Kesra Pemerintah Desa (Pemdes) Sukorejo, Ahmad Zaenuri membenarkan kejadian tersebut. Ia menjelaskan penemuan jenazah bayi itu ditemukan oleh seorang petugas pemiliah sampah sekitar pukul 07.00 WIB.

“Jadi awalnya gini tadi sekitar jam 9 ada petugas TPST melaporkan kantor desa terkait ada jenazah bayi yang ada di TPST Kita. Kita cek ke lokasi ternyata emang benar telah ditemukan sosok bayi kayanya baru di lahirkan dan dibuang tempat sampah TPST,” kata Zaenuri, kepada awak media.

Lalu, kata Zaenuri, dari laporan petugas pemilah sampah yang menemukan jenazah bayi tersebut, awalnya ada sebuah kresek bewarna merah. Ketika periksa kresek itu di dalamnya ada sebuah pakaian daster yang juga bewarna merah.

"Terus kemudian dibuka curiga kaya muncul kepala bayi. Kemudian dibuka sama petugas sampah itu ternyata bayi yang sudah meninggal," ujarnya.

Zaenuri menjelaskan kondisi jenazah bayi itu diduga baru dilahirkan. Sebab, kondisi bayi malang tersebut masih terdapat ari-ari yang menempel ditubuhnya.

“Dalam plastik tidak ada pesan. Ada penumbukan sampah. Kondisi baru lahir sekitar beberapn jam, masih ada ari-arinya,” jelasnya.

Saat ini jenazah bayi tersebut telah dievakuasi oleh pihak kepolisian. Polsek Buduran dan Polresta Sidoarjo pun masih menyelediki lebih lanjut pelaku pembuangan bayi tersebut.

Rekomendasi