2.304 Personel Gabungan Dikerahkan untuk Amankan Demo Apdesi di Gedung DPR Hari Ini

| 31 Jan 2024 11:37
2.304 Personel Gabungan Dikerahkan untuk Amankan Demo Apdesi di Gedung DPR Hari Ini
Personel Polri amankan demonstrasi di Gedung DPR RI Jakarta. (Antara)

ERA.id - Sejumlah massa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) akan berunjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta Pusat (Jakpus), pada Rabu (31/1/2024).

"Dalam pengamanan ini kami melibatkan sejumlah 2.304 personel gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI dan instansi terkait," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan, Rabu (31/1/2024).

Ribuan personel itu akan ditempatkan di sejumlah titik di sekitar gedung DPR. Mantan Kapolres Bogor Kota ini menyebut aparat telah mengantisipasi sejumlah tindakan anarkis yang mungkin akan terjadi.

"Kami juga mengantisipasi jangan sampai nanti massa masuk dan menutup jalan tol yang berada di depan Gedung DPR. Pemadam Kebakaran sudah kami siapkan untuk mengantisipasi bila nanti massa melakukan aksi bakar ban," ungkapnya.

Belum diketahui estimasi massa dari demonstrasi tersebut. Untuk pengalihan arus lalu lintas bersifat situasional atau bergantung pada situasi dan kondisi di lokasi.

Susatyo mengimbau kepada seluruh personel untuk bersikap persuasif, tidak mudah terprovokasi, dan humanis.

"Kami menghimbau kepada para korlap dan peserta aksi untuk melakukan aksi dengan santun, tidak anarkis, menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga kegiatan aksi nanti dapat berjalan dengan aman dan tertib, sesuai dengan harapan kita semua," ujarnya.

Rekomendasi