Kronologi Dukun Santet Ditangkap di Tangsel, Ratusan Peluru-Granat Nanas Disita

| 04 Mar 2024 22:46
Kronologi Dukun Santet Ditangkap di Tangsel, Ratusan Peluru-Granat Nanas Disita
Iliustrasi dukun. (Antara)

ERA.id - Polisi membenarkan seorang pria diduga dukun santet, H ditangkap di kawasan Sawah, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu (3/3) kemarin.

"Awal mula kejadian berdasarkan informasi dari warga/masyarakat bahwa ada seorang laki-laki yang diduga paranormal atau dukun," kata Kasie Humas Polres Tangsel, AKP Wendi Afrianto kepada wartawan, Senin (4/3/2024).

Warga lalu menggerebek rumah H setelah mendapat informasi itu. Pelaku pun ditangkap dan saat dilakukan penggeledahan, ditemukan dua pucuk senjata api (senpi), yakni jenis Revolver dengan sejumlah peluru dan jenis Defender dengan beberapa peluru.

Selain itu, juga ditemukan dua buah magasin, dua dus berisi 41 butir peluru kaliber 7 mm, satu dus berisi 25 butir peluru kaliber 9 mm, satu dus berisi 19 butir peluru kaliber 9 mm.

"(Lalu ditemukan) satu buah granat nanas, enam butir peluru revolver, satu dus peluru kaliber 6,35 mm isi 18 butir," tambahnya.

Polisi lalu menemukan satu sarung senjata, satu holster, satu buku izin senjata biasa, satu peluru dengan kaliber yang tidak diketahui, dan satu peluru kecil dengan kaliber yang tidak diketahui.

H pun dibawa ke Polsek Ciputat Timur untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Sebelumnya, H dikabarkan diduga membuka praktik dukun santet di kawasan Sawah, Ciputat, Tangsel. Usai mengetahui informasi itu, polisi menangkap H. Dari penangkapan ini, aparat menyita sejumlah senpi.

"Benar telah terjadi peristiwa warga mendatangi seseorang yang diduga dukun dan setelah digeledah ditemukan ada puluhan foto yang ditusuk-tusuk dan ditemukan juga peluru dan dua pucuk senpi di rumahnya," ujar Kanit Reskrim Polsek Ciputat Timur, Iptu Kresna Siagian kepada wartawan, hari ini.

Rekomendasi