Ditanya Soal Program Atasi Kemacetan di Jakarta Selama 5 Tahun, Dharma: Tidak Perlu Menambah Armada tapi Manajemen Diperbaiki

| 06 Oct 2024 20:36
Ditanya Soal Program Atasi Kemacetan di Jakarta Selama 5 Tahun, Dharma: Tidak Perlu Menambah Armada tapi Manajemen Diperbaiki
Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 2, Dharma Pongrekun. (Antara)

ERA.id - Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 2, Dharma Pongrekun mengatakan bahwa dalam mengatasi kemacetan di DKI Jakarta tidak perlu menambah armada yang sudah ada melainkan tata Kelola manajemen yang baik. 

Hal itu diungkapkan Dharma dalam tema yang diangkat dalam debat perdana yakni “Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global” di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/2024).

"Degan mengoptimalkan apa yang sudah ada terutama manajemen, tidak perlu menambah dulu armada, manajamen diperbaiki, dioptimalkan," katanya.

"Dipastikan setiap track itu jaraknya itu 10 menit dan harus dipasikan keamanan, kenyamanan supaya disabilitas, lansia ibu-ibu hamil, maupun anak-anak itu mendapatkan tratmen yang khusus, sehingga dengan penggunaannya juga harus nyaman, ac nya dingin, baunya tidak pengap, dan jauhkan hjindari dari hal2 yang tidak baik," tambah dia.  

Terlebih dari itu, kata Dharma, perlu ada sentralisasi yang terintegrasi antara satu tempat ke tempat lain. Sehingga memudahkan masyarakat untuk menjangkau lokasi tersebut.

"Di mana di situ ada tempat tinggal, ada pasar, ada sekolah sehingga transportasi ini bisa terkonsolidasi dan dibuat 500 meter dari pemukiman sebagai vendor dari MRT atau LRT atau Transjakarta, yaitu mirko transportasi yang saling terhubung satu sama lain kemudian disiapkan kantong-kantong parkir yang nyaman dan aman supaya mau naik transportasi umum supaya orang yang naik kendaraan umum mendaraannya terjamin," katanya.  

Rekomendasi