Anies Tak Diliput Saat Jakarta Dapat Penghargaan dari KPK? Faktanya

Tim Editor

Anies Baswedan (Era.id)

ERA.id - Akun Facebook @DjunaidiNawawiArifin mengunggah tangkapan layar berisi klaim narasi, bahwa tidak ada satu pun media yang memberitakan Pemprov DKI Jakarta meraih tiga penghargaan dari KPK.

Narasinya seperti ini, "Berhubung Indonesia Tdk Punya TV karna tdk ada yg menayangkan, mari kita viralkan di medsos : Anies Raih 3 penghargaan dari KPK atas kinerja pemberantasan korupsi di Jakarta."

Benarkah demikian? Ternyata klaim tersebut salah atau hoax. Sayangnya, unggahan tersebut telah dibagikan sebanyak tiga kali dan mendapat 56 tanggapan dari pengguna Facebook lainnya.

Cek Fakta menelusurinya dengan kata kunci “Anies Raih 3 penghargaan dari KPK” dan hasilnya, diketahui bahwa klaim @DjunaidiNawawiArifin tidak sesuai fakta.

Informasi terkait Pemprov DKI Jakarta meraih tiga penghargaan dari KPK marak diberitakan oleh media, dengan beberapa di antaranya adalah kompas.com, tvOne, detik.com, dan republika.co.id.

Pada lamannya, kompas.com menuliskan pemberitaan terkait tiga penghargaan yang diraih Pemprov DKI dengan judul “Pemrpov DKI Jakarta Raih 3 Penghargaan dari KPK” pada 10 Desember 2018, sementara pemberitaan serupa juga diterbitkan oleh republika.co.id dengan judul “DKI Raih 3 Penghargaan Antikorupsi, Ini Kata Anies” pada 6 Desember 2018.

Jika mengacu pada seluruh referensi, klaim akun @DjunaidiNawawiArifin adalah tidak berdasar dan tidak sesuai fakta. Unggahan tersebut masuk ke dalam kategori misleading content atau konten menyesatkan.

Tag: anies baswedan cek fakta

Bagikan: