Pintu Air Pasar Ikan Siaga Dua Sejak Subuh, Warga Diimbau Waspada Banjir

| 27 Jan 2021 06:12
Pintu Air Pasar Ikan Siaga Dua Sejak Subuh, Warga Diimbau Waspada Banjir
Pintu Air Pasar Ikwn (beritajakarta)

ERA.id - Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta melaporkan status ketinggian muka air di Posko pantau Pintu Air Pasar Ikan, Jakarta Utara, Rabu (27/1/2021) pagi berstatus siaga dua dengan ketinggian muka air kali/laut sebesar -230/203 sentimeter.

Dalam akun sosial media Twitter resminya yang dipantau di Jakarta, Rabu pagi pukul 05.00 WIB, Dinas SDA DKI Jakarta melaporkan bahwa dengan ketinggian muka air seperti itu, Pintu Air Pasar Ikan berstatus Siaga Dua (siaga) dengan kondisi cuaca mendung tipis.

Kenaikan permukaan air terjadi bertahap seiring dengan hujan yang mengguyur beberapa wilayah Jakarta Rabu dini hari.

Pada pukul 04.00 WIB tinggi muka air Pasar Ikan berada pada posisi siaga tiga (waspada) dengan ketinggian muka air kali/laut -233/185 cm, dengan kondisi cuaca mendung.

Berdasarkan peringatan-peringatan sebelumnya, pihak Pemprov DKI Jakarta memperingatkan wilayah-wilayah yang kemungkinan terdampak, yakni Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing dan Kalibaru.

Upaya yang dilakukan Pemprov untuk mengantisipasi kenaikan Pintu Air Pasar Ikan yakni menyebarluaskan informasi dengan pemberitahuan kepada lurah, camat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, agar mengantisipasi dengan menyiagakan PPSU dan Satgas Banjir atau PKLG Dinas SDA kecamatan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga menginformasikan cuaca untuk seluruh wilayah Jakarta pada Rabu pagi ini, berpotensi mengalami hujan ringan hingga Rabu siang hari.

Rekomendasi