Banjir Jakarta Hari Ini: 99 RT Terdampak Banjir

Tim Editor

Banjir di Cipinang Melayu (Ilham/era.id)

ERA.id - Pemprov DKI Jakarta mengungkapkan 99 RT terdampak banjir akibat hujan deras hari ini, Jumat (19/2/2021).

Plt Kepala BPBD DKI Jakarta Sabdo Kurnianto menyampaikan titik banjir terdapat di Jakarta Barat dan Jakarta Timur. Adapun 694 warga di Jakarta Timur masih bertahan di pengungsian.

"Untuk wilayah Jakarta Barat, meliputi 3 kelurahan, terdiri atas 3 RW dan 3 RT, namun tidak ada pengungsi. Sedangkan, untuk wilayah Jakarta Timur, genangan juga disebabkan luapan PHB Sulaiman dan Kali Sunter, meliputi 9 kelurahan, terdiri atas 31 RW dan 96 RT serta sebanyak 182 KK atau 694 orang masih mengungsi," kata Sabdo Kurnianto melalui keterangan tertulis, Jumat (19/2/2021).

Banjir di Cipinang Melayu (Ilham/era.id)

 

Sementara ini, Pemprov DKI Jakarta menyediakan dapur umum bagi pengungsi banjir Cipinang Melayu, Jaktim. Dapur umum ini terletak di GOR Jakarta Timur, Jatinegara.

"Untuk tahap awal, 20 anggota Tagana yang bertugas di dapur umum akan menyiapkan 2.530 boks makanan siap saji termasuk air mineral untuk kebutuhan makan siang dan malam warga yang terdampak genangan," sambungnya.

Sebelumnya, 57 RT dilaporkan terendam banjir akibat hujan lebat melanda DKI Jakarta. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyampaikan jumlah ini terhitung kecil jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Kalau data alhamdulillah sampai hari ini yang terdampak ada 57 RT dari 30.470, jadi kecil sekali. Jumlah pengungsi ada 182 KK (kartu keluarga)," kata Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta.

Riza mengklaim jumlah daerah yang terdampak tiap tahun makin menyusut. Riza juga mengklaim jumlah korban jiwa cenderung menurun dari tahun ke tahun. bahkan, ia belum menerima laporan kematian akibat banjir di tahun 2021 ini.

Tag: banjir jakarta jakarta banjir banjir jakarta hari ini

Bagikan: