Waspada Ular Muncul Saat Banjir Jakarta, Kenali Jenis dan Cara Hadapi Ular yang Muncul saat Banjir

| 20 Feb 2021 13:53
Waspada Ular Muncul Saat Banjir Jakarta, Kenali Jenis dan Cara Hadapi Ular yang Muncul saat Banjir
Ilustrasi (Gabriella Thesa/era.id)

ERA.id - Bencana banjir yang melanda kerap memunculkan penampakan ular yang keluar dari sarangnya.

Laporan yang masuk di Call Center Indonesia Snake Rescue dan sosial media Ular Indonesia mencatat peningkatan temuan ular saat Banjir melanda beberapa hari ini di beberapa kota. 

Berikut spesies ular yang perlu di pahami dan beberapa tips penanganannya. seperti dikutip dari Yayasan Sioux (Studi Ular) Indonesia, Sabtu (20/2/2021). 

1. Ular pipa, Pipe Snake, Cylindrophis rufus.

Ular ini tidak berbisa, tidak berbahaya dan jarang menggigit. Warna hitam belang dengan kepala dan ekor warna merah. Bagian bawah tubuhnya hitam putih. Ukuran maksimal 50-60 cm. Ular ini suka masuk kelumpur mencari cacing dan berendam di air makan ikan. Saat banjir ke bawa arus masuk ke rumah

2. Ular Kadut, Ular Buhu, Homalopsis buccata.

Tidak berbisa, suka makan ikan jd saat banjir terbawa naek dr sungai ke rumah penduduk. Besar hinggal lengan anak anak.. giginya banyak dan suka menggigit meskipun tidak berbahaya.

3. Ular Sanca Batik, Phyton reticulatus, sowo kembang.

Dari anakan hingga dewasa tercatat banyak ditangkap warga karena masuk ke rumah rumah. Ular ini semi aboreal jd suka nangkring diatas pohon dan di atap bangunan. Tikus burung unggas menjadi menu utamanya.semakin besar ukuran butuh makan hewan yg makin besar juga.

4. Ular Kobra, Naja sputatrix (Jawa)

Berbisa tinggi, banyak ditemukan berkeliaran di garasi rumah, pekarangan bahkan masuk ke dalam dapur. Berbisa tinggi dan menyenburkan bisa.

5. Ular kopi, Elaphe flavonieata.

Saat masih kecil ada warna kuning menyala di punggungnya. Saat udah dewasa, warna kuning menghilang. Tidak berbisa, berburu tikus dan suka masuk rumah karena mencari mangsa. Kebawa air saat banjir melanda lubang2

6. Ular Triangle Keelback, Ular Bolodewo langu, X. Trianguligerus.

Ular air dengan ciri ada gambar segitiga di sisik sampingnya. Kecil maksimal 50-60 cm, tidak berbisa dan suka makan ikan. Jika ketangkap suka kentut berbau langu.. banyak kebawa banjir masuk rumah.

Tips penanganan Rescue Ular

Berikut tips dan langkah langkah penyelamatan yang kami sarankan :

1. Gunakan Alat Bantu jika ada ular masuk rumah dan akan di amankan. Hindari pegang dgn tangan

2. Alat bantu bisa sapu, pengki, masukin ke ember/galon air

3. Kenali jenis ular.

Rekomendasi