Minta Anies Rombak Jalur Sepeda Permanen, Polisi: Separator dari Beton Berbahaya

Tim Editor

Mobil Tabrak Separator (Polda Metro Jaya)

ERA.id - Guna melindungi pengendara sepeda dari pengendara lainnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan membangun jalur sepeda permanen di sepanjang jalan Sudirman.

Namun, pembatas permanen jalur sepeda itu ternyata dinilai membahaykan pengguna jalan.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya melihat beberapa hal dampak atau bahaya dari separator planter box yang terbuat dari beton di jalur sepeda.

Pembatas atau separator itu dibuat permanen dan dinilai membahayakan pengendara lainnya jika terjadi kecelakaan.


Menurut Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum (Kasubdit Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Fahri Siregar, fatalitas akibat menabrak planter box yang terbuat dari beton tersebut juga bisa dialami pesepeda bukan hanya dialami pengendara lain.

"Jadi kerusakannya itu crashnya lebih besar dan ini sudah terbukti ada dua kali kecelakaan lalin begitu tabrak planter box kerusakannya lebih besar. Karena kan bisa jadi pesepeda lagi sepeda kesenggol jatoh, kalau dia nggak pakai helm fatalitas,” kata AKBP Fahri Siregar, Senin (10/5/2021).

“Bisa juga pengguna jalan lain waktu melintasi di tengah itu ada betonnya tertabrak pasti fatalitasnya tinggi. Ini pertimbangannya," sambung Fahri Siregar.

Polisi memikirkan dampak dari bahaya jika terjadi crash di sekitar lokasi planter box. Penggantian planter box juga dinilai penting untuk saat ini ketimbang membahas eksistensi jalur sepeda permanen.

Tag: kecelakaan jalur sepeda jalur sepeda permanen jalur sepeda sudirman

Bagikan: