Cek Fakta: Mendagri Tito dan Puluhan Polisi Turun Tangan, Munarman Bebas

Tim Editor

Tito Karnavian (Dok. Antara)

ERA.id - Akun Facebook Game Politiq mengunggah video dengan kutipan "Tito Bersama Puluhan Polisi Turun Tangan , Munarman Terbebas". Video dengan narasi tersebut diunggah pada 3 Mei 2021 dan dikomentari puluhan akun lainnya.

Lalu pada thumbnail video tersebut juga dituliskan narasi "Mengejutkan, Akhirnya Munarman Bebas. Ribuan Polisi Dukung Munarman,". Setelah ditelusuri, mengutip dari laman turnbackhoax.id, ternyata isi video tak sesuai dengan narasi judul dan thumbnail.


Tangkapan layar video dengan klaim Tito Dukung Bebaskan Munarman (Dok. Turnbackhoax.id)

Video tersebut malah berisi sejumlah artikel yang dimuat sejumlah media massa. Diantaranya artikel "Pilih Jalur Sesuai Konstitusi, Tim Pembela Ulama Gugat Jokowi Dan DPR Ke PN Jakarta Pusat" yang tayang di rmol.id pada 30 April 2021.

Lalu ada juga artikel "Jokowi Digugat Mundur Sebagai Presiden, KSP Minta TPUA Belajar Hukum" yang tayang di covesia.com pada 1 Mei 2021, dan "Sebut Rezim Jokowi Kampungan, Mantan Juru Bicara Gus Dur Bandingkan dengan Kinerja Soekarno dan Soeharto" yang diunggah di beritadiy.pikiran-rakyat.com pada 1 Mei 2021.

Adapun isi dari artikel tersebut, ternyata juga tak ditemukan pernyataan soal pembebasan Munarman. Lalu tidak ada juga kutipan pernyataan dari Mendagri Tito Karnavian. Berdasarkan penelusuran di atas, konten Facebook ini masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Tag: facebook berita hoaks mendagri jenderal tito karnavian munarman

Bagikan: