Aksi Jokowi Diam-diam Sidak Pelaksanaan PPKM Mikro di Cempaka Putih: Mau Lihat Jalan Atau Tidak

Tim Editor

Presiden Joko Widodo (Dok. BPMI)

ERA.id - Presiden Joko Widodo melakukan sidak ke kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat untuk melihat pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berskala mikro (PPKM Mikro).

Jokowi didampingi oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Jokowi mengaku sengaja melakukan sidak untuk memastikan apakah PPKM Mikro yang dipakai pemerintah untuk menekan laju penularan COVID-19 sudah berjalan dengan baik atau tidak di lapangan.

"Saya ini tadi memang hadir dadakan ke sini. Ini di Kelurahan Rawasari RW 01, Kecamanatan Cempaka Putih. Jadi memang dadakan ke sini untuk memastikan PPKM Mikro itu berjalan atau tidak berjalan," ujar Jokowi seperti dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (25/6/2021).


Dalam kesempatan itu, Jokowi menyempatkan diri untuk berbincang dengan warga dan ketua RW di daerah tersebut.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menanyakan bagaimana penanganan COVID-19 di kawasan RW 01 Cempaka Putih yang diketahui dari warga banyak yang terkena COVID-19 dari klaster keluarga.

Selain itu, Jokowi menanyakan langkah apa saja yang dilakukan oleh warga untuk menjaga kawasannya untuk menekan laju penularan dan penyebaran virus Corona.

Dari jawaban yang diberikan warga, Jokowi mengaku bahwa RW 01 Cempaka Putih, Jakarta Pusat itu telah melaksanakan PPKM Mikro dengan baik seperti apa yang diperintahkannya. Dia berharap, apa yang dilakukan di kawasan itu juga dapat dicontoh daerah-daerah lain.

"Semua RW, RT, desa kampung itu PPKM Mikronya berjalan. Oleh sebab itu, saya minta betul gubernur, bupati, wali kota di seluruh tanah air dari Sabang sampai Merauke, dibantu oleh Pangdam, Kapolda di tingkat bawah adan Danrem, Dandim, Kapolres untuk menggerakan Babinsa, Bhabinkamtibmas untuk mendampingi Pemda, kelurahan dalam rangka pelaksanaan PPKM Mikro," kata Jokowi.

Jokowi menegaskan, di tengah lonjakan kasus positif COVID-19 seperti yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir ini, perlu adanya keseriusan menjalankan PPKM Mikro di lapangan. Dia mengatakan, akan sangat percuma jika pemerintah sudah membuat kebijakan tapi tidak dilaksanakan dengan baik.

"Yang diperlukan sekarang ini adalah tindakan lapangan, pengawasan lapangan, kontrol lapangan berjalan atau tidak berjalan. Percuma kita membuat sebuah kebijakan tetapi di bawah tidak berjalan," kata Jokowi.

"Kita harapkan di semua provinsi juga berjalan seperti ini. Saya rasa kedatangan saya melihat hanya ingin kepastian pelaksanaan PPKM Mikro berjalan," imbuhnya.

Untuk diketahui, pemerintah menetapkan kebijakan PPKM Mikro untuk menekan laju penyebaran COVID-19 yang dinilai masih sangat efektif untuk kondisi di Indonesia. Selain itu, PPKM Mikro juga dinilai tidak menghentikan roda perekonomian rakyat sehingga baik sisi sosial dan ekonomi masyarakat masih bisa terus berjalan.

Pemerintah juga mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dan meminta untuk berada di rumah jika tidak ada hal yang penting. Selain itu, vaksinasi juga terus dijalankan secara masif.

Tag: presiden jokowi PPKM PPKM mikro Presiden Joko Widodo

Bagikan: