Diresmikan Jokowi, Asrama Haji Pondok Gede 'Disulap' Jadi RS Corona dalam 5 Hari

| 09 Jul 2021 16:32
Diresmikan Jokowi, Asrama Haji Pondok Gede 'Disulap' Jadi RS Corona dalam 5 Hari
Presiden Joko Widodo (Dok. BPMI)

ERA.id - Presiden Joko Widodo meresmikan Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur menjadi Rumah Sakit Darurat (RSD) COVID-19.

Dalam kesempatan itu, Jokowi didampingi oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Jokowi mengatakan, Asrama Haji yang dialihfungsikan menjadi RSD COVID-19 sudah dapat beroperasi mulai Sabtu (10/7) pagi. Dari hasil peninjauannya, sebagian besar infrastruktur untuk melakukan perawatan terhadap pasien COVID-19 sudah dalam keadaan siap.

"Saya sudah cek ke dalam, peralatan RS, kemudian pergantian AC, pembangunan lift untuk para pasien semuanya dalam keadaan 99 persen siap. Sehingga besok pagi, RS Wisma Haji ini sudah bisa dioperasionalkan," ujar Jokowi dalam konfrensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (9/7/2021).

Jokowi megatakan, alih fungsi asrama haji menjadi RSD COVID-19 ini dikerjakan dalam waktu lima hari. Untuk itu, dia mengucapkan terima kasih kepada jajaran kementeriannya yang sudah bekerja keras menyelesaikan target pembangunan RSD COVID-19.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengajak komponen masyarakat seperti mahasiswa, ibu-ibu PKK, hingga kader-kader Posyandu untuk menjadi realawan dalam penangaan pandemi COVID-19.

"Dokter, tenaga kesehatan, ASN, TNI-Polri sudah bekerja keras pagi siang malam sejak bulan Maret 2020 lalu sampai saat ini, dan saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya," kata Jokowi.

"Tetapi akan lebih bagus lagi apabila ada tambahan relawan-relawan dari seluruh komopnen masyarakat, sehingga penanganan COVID-19 ini bisa kita tangani dengan sebaik-baiknya," imbuhnya.

Untuk diketahui, RSD COVID-19 Asrama Haji Pondok Gede ini nantinya akan menyediakan 900 tempat tidur, 50 tempat tidur ICU, dan 40 tempat tidur HCU untuk pasien COVID-19.

Selain itu, untuk menghadapi lonjakan kasus di tengah pandemi COVID-19 ini, pemerintah juga telah menyediakan tempat isolasi terpusat seperti di Rumah Susun Nagrag Cilincing dengan 2.273 tempat tidur dan Rusun Pasar Rumput dengan 3.986 tempat tidur.

Tak hanya itu, pemerintah juga telah menambah 1.200 tempat tidur di Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.

Rekomendasi