Alasan Anggota DPR Positif COVID Isoman di Hotel Bintang 3: di Rumah Dinas Dikomplain

Tim Editor

Ilustrasi

ERA.id - Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyediakan fasilitas kamar hotel untuk tempat isolasi mandiri (isoman) bagi anggota DPR RI yang positif COVID-19. Fasilitas tersebut dikhususnya untuk anggota parlemen yang bergejala ringan dan tanpa gejala (OTG).

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengatakan, salah satu alasan pihaknya menyediakan fasilitas hotel untuk isoman anggota DPR RI lantaran tak bisa melakukannya di rumah dinas mereka di Kompleks Kalibata, Jakarta Selatan. Menurutnya, sejumlah tetangga protes apabila ada anggota dewan yang isoman di rumah dinas, karena berisiko menularkan ke lingkungan sekitar.

"Ada beberapa anggota yang saya sampaikan beberapa minggu lalu, (ada anggota DPR RI) yang positif (COVID-19), tinggal di rumah dinas Kompleks Kalibata itu juga dikomplain oleh anggota lain karena berisiko menularkan bagi lingkungan. Tentu ini menjadi masalah," kata Indra kepada wartawan, Selasa (27/7/2021).


Menurut Indra, ada sejumlah anggota dewan yang melayangkan protes lantaran teman sejawatnya menjalankan isoman di rumah dinas. Dia bilang, hal itu menimbulkan kekhawatiran sebab sejumlah rumah memiliki anak kecil yang rentan terpapar COVID-19.

"Sebenarnya enggak satu (yang protes), ada beberapa. Saya dikomplain karena ada beberapa belas rumah yang minggu lalu posisinya positif. Mereka punya anak-anak kecil takut main-main, karena itu kan bisa kemana-mana udaranya," kata Indra.

Selain itu, kata Indra, kondisi rumah yang berdempet-dempetan satu sama lain juga dikhawatirkan rentan menyebarkan COVID-19. Terlebih kondisi psikologi masyarakat saat ini juga semakin rentan karena banyak yang merasa takut terpapar virus Corona.

"Jadi, di kompleks (rumah dinas) anggota DPR RI itu tetangganya juga takut kalau positif karena kan lingkungan kompleks itu (jarak rumah) deketan," kata Indra.

"Harus dipahami sekarang paranoid dari publik, psikologi publik semua serba takut. Walaupun di udara terbuka, tapi rumah-rumah dinas DPR itu kan nempel-nempel, tentu berisiko lah penyebaran lewat udara segala macam. Karena teori medik menyebutkan bisa lewat mana-mana penyebaran (COVID-19) sekarang," imbuhnya.

Atas dasar itulah, pihaknya menyiapkan fasilitas hotel untuk isoman bagi anggota DPR RI, khususnya yang tidak memiliki tempat tinggal pribadi di Jakarta.

Indra menambahkan, yang boleh menggunakan fasilitas hotel untuk isoman tidak hanya terbatas untuk anggota DPR RI saja, tetapi juga staf dan juga PNS yang bekerja di lingkungan DPR RI.

Rencananya, pihak DPR RI akan bekerja sama dengan Hotel Ibis dan Oasis untuk dijadikan tempat isoman. Namun, hingga saat ini, belum ada satu pun yang menggunakan fasilitas tersebut.

Tag: isolasi mandiri daftar hotel isolasi mandiri jakarta anggota dpr

Bagikan: