Jokowi Pidato, Anies Baswedan Sibuk Baca Buku Jenderal Besar AH Nasution

| 16 Aug 2021 15:35
Jokowi Pidato, Anies Baswedan Sibuk Baca Buku Jenderal Besar AH Nasution
Anies Baswedan (Dok. Pemprov DKI Jakarta)

ERA.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Ikut menyimak Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo di Sidang Tahunan MPR/DPR dan DPD hari ini.

Anies nampak membaca buku di sela-sela jeda sidang tahunan MPR/DPR dan DPD RI yang digelar Senin (16/8/2021).

Dalam unggahan di akun Instagramnya, Anies terlihat sedang membaca sebuah buku di perpustakaan rumahnya sembari menunggu dimulainya sidang tahunan DPR.

"Pagi tadi di jeda antara dua sidang: setelah mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden di sidang Tahunan MPR, dan menunggu dimulainya Sidang Tahunan DPR," tulisnya, Senin (16/8/2021).

"Menyusuri kembali deretan buku-buku pemikiran para perintis kemerdekaan yang ada di perpustakan rumah," lanjut Anies.

Anies mengungkapkan, dirinya membaca sebuah buku karya Jenderal Besar AH Nasution yang berkisah tentang perjuangan fisik sesudah Proklamasi.

"Karena memang, merebut kemerdekaan adalah perjuangan intelektual, perjuangan politik. Sesudah merdeka, barulah mulai ada peperangan untuk mempertahankan kemerdekaan," terangnya.

Bagi Anies, menyelami kembali buku-buku ini membuatnya merasakan kalau tokoh-tokoh perebut kemerdekaan merupakan politisi berkapasitas intelektual tinggi, dan pikiran-pikirannya mewarnai kebijakan.

"Wajar jika mereka terbiasa dengan debat dan bahkan kritik. Pertukaran pikiran adalah bagian dari ikhtiar bersama untuk kemajuan negara," tandas Anies.