Hari Pertama Perpanjangan PPKM, Polisi: Awas Jalanan Macet Pagi dan Sore

| 31 Aug 2021 14:53
Hari Pertama Perpanjangan PPKM, Polisi: Awas Jalanan Macet Pagi dan Sore
Lalu Lintas Jakarta (Anto/era.id)

ERA.id - Pemerintah kembali memperpanjang penerapan PPKM Level 3 di wilayah Jabodetabek hingga Jumat (6/9/2021).

Selama satu pekan penerapan PPKM level 3, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan volume kendaraan mengalami peningkatan hingga 20 persen.

"Selama PPKM level 3 dibandingkan dengan level 4 tentu ada peningkatan, kurang lebih kami hitung antara 7-20 persen peningkatan jika dibandingkan dengan PPKM level 4," kata Sambodo di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Selasa (31/8/2021).

"Namun, jika dibandingkan dengan masa PPKM darurat atau sebelum dilaksanakan PPKM level 4 dan PPKM mikro di bulan Juni 2021, maka angka volume mobilitas sekarang masih lebih rendah," lanjutnya.

Data tersebut, menurut Sambodo didapat dari adanya laporan melalui pantauan rekaman CCTV di beberapa ruas jalan, khususnya saat pagi dan sore hari.

"Kepadatan khususnya terjadi pada pagi dan sore hari," jelas Sambodo.

Diberitakan sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya memperpanjang aturan ganjil genap (gage) di tiga wilayah di ibu kota, yakni Jalan Sudirman, Jalan Thamrin, dan Jalan Rasuna Said.

Perpanjangan dilakukan sejalan dengan keputusan pemerintah untuk memperpanjang masa PPKM di wilayah Jawa-Bali hingga Jumat (6/9/2021) mendatang.

Pemberlakuan ganjil genap akan dimulai pada Rabu (1/9/2021) besok dengan penambahan sanksi berupa tilang bagi para pelanggar.

"Hanya saja mulai minggu ini kami akan melakukan penindakan dengan tilang. Jadi, selain berjaga di mulut-mulut kawasan, kami juga akan mulai melakukan penindakan dengan tilang. Baik dengan kamera ETLE maupun tilang secara manual apabila ditemukan secara langsung oleh aparat yang bertugas di hari itu," jelas Sambodo.

Rekomendasi