Terkuak! Sopir Bus Transjakarta Kena Serangan Epilepsi Sebelum Kecelakaan

| 03 Nov 2021 19:29
Terkuak! Sopir Bus Transjakarta Kena Serangan Epilepsi Sebelum Kecelakaan
Kecelakaan TransJakarta (Antara)

ERA.id - Fakta baru terungkap dari tragedi kecelakaan maut bus Transjakarta di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur, Senin (25/10/2021) lalu. Sang sopir diketahui kehilangan kesadaran saat akan sampai di lokasi kejadian.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebut hilangnya kesadaran sopir dikarenakan serangan epilepsi yang diderita sopir.

"Penyebab kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh pengemudi Transjakarta B 7477 TK kehilangan kesadaran. Kehilangan kesadaran tersebut diduga serangan epilepsi secara tiba-tiba, karena tidak meminum obat saraf dan ditunjukkan dengan tidak adanya kandungan penintoinsodin sodium (obat saraf) dalam urine dan darahnya," jelas Sambodo dalam konferensi pers, Rabu (3/11/2021).

Saat kehilangan kesadaran itulah akhirnya pengemudi menginjak gas, sehingga kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi dan menimbulkan kecelakaan.

"Akibat kehilangan kesadaran tersebut pengemudi alih-alih melakukan pengereman atau perlambatan menuju halte. Tapi malah cenderung menambah kecepatan yang ditunjukkan dari hasil TAA, GPS Monitor di ruang kontrol Transjakarta serta rekaman CCTV," tukasnya.

Dua orang tewas dalam insiden tersebut, yakni sopir dan seorang penumpang.

Rekomendasi