Aksi Damkar Tangerang Jadi Pawang Ular Sanca di Tangerang, Kepala UPT Damkar: Kita Punya 3 Pawang Ular

| 14 Nov 2021 22:49
Aksi Damkar Tangerang Jadi Pawang Ular Sanca di Tangerang, Kepala UPT Damkar: Kita Punya 3 Pawang Ular
Petugas dari regu 2 UPT Damkar dan Penyelamatan Korban UPT Batuceper berhasil mengevakuasi ular Sanca (Iqbal/era.id)

ERA.id - Seekor ular sanca meneror warga di Jalan Iskandar Muda Kampung Sindang Sana RT 001 RW 004, Kecamatan Neglasari. Ular dengan panjang sekira 2 meter ini pun dievakuasi oleh petugas dari UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Korban Batuceper, Minggu, (14/11/2021).

Kepala UPT Damkar dan Penyelamatan Korban Batuceper, Ucok Nagara mengatakan hal ini berawal dari laporan warga sekitar pukul 11.00 WIB ke 112. Setelah mendapat laporan tersebut petugas dari regu 2 UPT Damkar dan Penyelamatan Korban UPT Batuceper yang berjumlah 5 orang ke lokasi untuk melakukan evakuasi.

"Kebetulan ada alat penangkap ular baru makannya setelah komunikasi, langsung petugas saya suruh evakuasi," ujarnya

Tidak ada yang terluka dalam kejadian ini. Ular yang didapat kemudian dievakuasi ke habitatnya.

"Informasi dari anak buah saya aman," kata Ucok.

Ucok mengatakan peristiwa serupa sudah beberapa kali terjadi. Belum lama ini, jajarannya juga melakukan evakuasi ular sanca yang ukurannya lebih besar.

"Sudah tiga kali kita evakuasi. Lebih panjang dari pada ini," tuturnya.

Selama melakukan evakuasi ular sanca kata Ucok belum ada petugas UPT Damkar dan Penyelamatan Korban UPT Batuceper yang terluka. Hal ini karena, terdapat petugas yang ahli dalam evakuasi ular sanca.

"Pernah ada pelatihan tapi hanya internal kita saja. Dulu dilatih sama pak Supri dia orang lama, jadi berbagi ilmu dengan anggota," jelasnya.

"Kebetulan di regu dua ini ada pawang ular. Ada tiga orang di tempat kita. Dia bisa kasih tahu tekniknya ke temen-temen," tambah Ucok.

Ucok mengimbau, bila ada masyarakat yang membutuhkan bantuan dalam hal evakuasi dapat melaporkan ke 112. Pasalnya, evakuasi membutuhkan petugas yang ahli dalam bidangnya. Apalagi, petugas dilengkapi dengan peralatan.

"kunci kecempulung ke selokan saja telpon ke 112, tapi ya sudah lah demi masyarakat kita laksanakan," pungkasnya.

Rekomendasi