Penampakan Lift di Gedung DPR Bermasalah, Wakil Rakyat Jadi Korban Terjebak

| 10 Dec 2021 17:06
Penampakan Lift di Gedung DPR Bermasalah, Wakil Rakyat Jadi Korban Terjebak
Tangkapan Layar

ERA.id - Lift di Gedung yang terletak di Gedung Nusantara 1 Kompleks DPR kembali macet. Diketahui ada tiga orang yang terjebak, salah satunya merupkan Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Darori Wonodipuro. Sementara dua orang lainnya merupakan staf anggota dan seorang Pamdal DPR RI.

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar membenarkan hal tersebut. Menurutnya, lift macet terjadi sekitar pukul 13:00 WIB, Jumat (10/12/2021). Lift P3 dari lantai 21 mendadak berhenti di lantai 13. Masalahnya, posisi ini tidak setara dengan lantai.

"Pada hari Jumat, 10 Desember 2021 telah terjadi trip power Lift P3 dilantai 13, mengakibatkan lift berhenti mendadak dan tidak level," kata Indra kepada wartawan, Jumat (10/12/2021).

"Anggota naik dari lantai 21, lift berjalan normal namun dilantai 13 terjadi trip inverter, sehingga lift berhenti dan tidak level," imbuhnya.

Indra bilang, lift tersebut macet selama kurang lebih tiga menit. Hal ini berdasarkan informasi dari Pamdal yang bertugas mendampingi di dalam lift dan ikut terjebak.

Namun, Indra mengaku lift tersebut sudah bersertifikat layak fungsi dari Kementerian Ketenagakerjaan. Saat ini, lift juga telah diinspeksi kembali mencegah peristiwa serupa terjadi.

"Lift sudah bersertifikat laik fungsi dari menakertrans. Sementara sudah dilakukan inspeksi terhadap inverter lift dimaksud dan antisipasi agar tidak terjadi kejadian serupa," kata Indra.

Tiga orang yang terjebak di dalam lift saat ini diketahui sudah berhasil keluar dan tidak ada luka dalam kejadian tersebut.

Untuk diketahui, lift yang berada di Nusantara I Gedung Parlemen memang kerap macet dan mengakibatkan orang di dalamnya terjebak. Pernah pula lift kebakaran namun api berhasil cepat dipadamkan.

Tags : Gedung DPR
Rekomendasi