Teganya Eko Kuntadhi, Mobil Terperosok Galian di Jakarta, Dibilang Sumur Meresap Mobil

Tim Editor

Mobil masuk galian di Jakarta pada 2018 silam (Dok. Satlantas Jakarta Barat_

ERA.id - Beberapa waktu yang lalu, di media sosial, banyak informasi yang beredar kalau ada lagi mobil yang terperosok dalam sumur resapan andalan Gubernur DKI Anies Baswedan di Jakarta.

Dalam sebuah foto, mobil tersebut tampak nyungsep masuk ke dalam lubang. Bempernya lenyap tak terlihat, sementara sepasang ban belakang mobil tersebut terangkat.

Beberapa akun menganggap kalau kejadian itu baru terjadi dan sumur resapan Anies pun disoroti lagi, usai politisi PSI Isyana Bagoes Oka, mobilnya jadi korban.


Salah satunya yakni pegiat media sosial Eko Kuntadhi. Dalam cuitannya di Twitter, ia mengunggah foto tersebut dan menulis 'sumur meresap mobil'.

Lantas benarkah ada kejadian mobil terperosok dalam galian di Jakarta? Jawabannya, benar. Namun banyak informasi sesat yang beredar.

Perlu diketahui, kejadian tersebut bukan terjadi saat sumur resapan ramai dibincangkan. Insiden itu terjadi pada 2018 silam, di Jalan Susilo I Nomor 26, Grogol, Tanjung Duren, Jakarta Barat, pada sore hari.



Menurut Kanit Reskrim Polsek Tanjung Duren AKP Rensa Aktadivia saat itu, sopir mobil Daihatsu Xenia yang masuk ke lubang galian tersebut, tidak berhati-hati saat memarkirkan kendaraan.

Pengemudinya juga sudah gaek. Namanya Januar Nurman (71). "Jadi, belakangnya lubang ada mobil parkir paralel dan di depannya juga ada. (Mobil) kakek ini langsung kejeblos. Dipikirnya ada space untuk dia parkir di sela-sela itu," kata Rensa, dikutip dari Kompas.com.

Januar saat itu berhasil dievakuasi warga dengan cara keluar dari pintu tengah. Sementara mobilnya ditarik dengan bantuan mobil derek dan bekho.

Sementara soal galian, kata Rensa, itu merupakan proyek pemerintah daerah untuk pipa kabel juga listrik dan gas.

Menanggapi soal info miring di media sosial yang mendiskreditkan Anies, akun Twitter @zaeffendy langsung membabat dengan mengoreksi narasi yang dibuat Eko.

"Hobi framing, ciri dedengkot ahoker... Cuma penghuni kolam yang termakan hoax si Kuntad! #Nalar?" tulisnya.

Tag: anies baswedan sumur resapan kecelakaan mobil eko kuntadhi terperosok di sumur resapan mobil masuk galian

Bagikan: