Breaking News: 11 Petugas Bandara Soekarno-Hatta Positif Covid-19 Varian Omicron, Ini Penyebabnya

| 10 Jan 2022 17:37
Breaking News: 11 Petugas Bandara Soekarno-Hatta Positif Covid-19 Varian Omicron, Ini Penyebabnya
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Sebanyak 11 petugas petugas administrasi dan pemeriksaan Laboratorium Swab maupun Avsec Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron.

Hal itu berdasarkan hasil pemeriksaan dari 22 jumlah petugas tersebut.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan 11 petugas lainnya masih diduga. Sampai saat ini pun pihaknya menunggu hasil pemeriksaan.

"Untuk yang petugas Bandara 11 orang dinyatakan positif terpapar Omicron, dan 11 orang lainnya masih probable (suspek) Omicron dan masih perlu pemeriksaan lanjutan dengan Whole Genome Sequences (WGS) untuk mengetahui validitas Omicronnya," ujarnya, Senin, (10/1/2022).

Pihaknya pun kemudian melakukan tracing kontak erat setelah temuan 17 petugas sebelumnya yang positif Covid-19. Hasilnya, 5 orang dinyatakan Covid-19.

"5 orang tersebut tambahan dari tracing kontak erat dari 17 petugas yang sebelumnya terpapar Covid-19," tambahnya.

Nadia memastikan bahwa mereka semua terpapar Omicron dari para pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang tiba di Bandara Soekarno Hatta.

"Rata-rata memang yang terpapar di Bandara itu karena aktivitas mereka kontak erat dengan para PPLN," ungkapnya.

Kata Nadia, pihaknya pun menghimbau masyarakat untuk tak berpergian ke luar negeri untuk sementara. Mengingat kasus Covid-19 varian Omicron tengah merebak.

"Oleh sebab itu, maka kami menghimbau masyarakat untuk sementara untuk tidak bepergian keluar negeri kalau memang tidak ada aktivitas yang penting dan mendesak untuk mencegah masuknya Omicron," pungkasnya.

Rekomendasi