Sinta Penderita Tumor Tulang Selesai Dioperasi di RS Polri, Kaki Diamputasi Hingga Pangkal Paha

| 23 Feb 2022 19:36
Sinta Penderita Tumor Tulang Selesai Dioperasi di RS Polri, Kaki Diamputasi Hingga Pangkal Paha
Sinta Aulia (Humas Polri)

ERA.id - Operasi pengangkatan tumor pada kaki Sinta Aulia di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati berjalan lancar dan selesai pada Rabu (23/2/2022) siang tadi.

Dalam operasi tersebut, tim dokter melakukan amputasi untuk mengangkat tumor yang diderita Sinta.

Konsultan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Prof. Dr. dr. Achmad Fauzi Kamal menerangkan amputasi hanya dilakukan sampai pangkal paha Sinta Aulia.

"Sesuai rencana, kita lakukan operasi pada ananda Sinta Aulia, amputasi sebagai pilihan. Amputasi ini setinggi pangkal paha. Secara kasat mata, itu di atas tumor, jadi mudah-mudahan tidak kambuh di lain hari," ujar Achmad Fauzi kepada wartawan di RS Polri.

Diharapkan kondisi Sinta Aulia semakin membaik ke depannya pasca operasi tersebut. Sehingga di hari ketujuh atau ke-10 setelah operasi Sinta Aulia bisa pulang dan melanjutkan kemoterapi di RS Dharmais.

"Kalau sesuai rencana kemo akan dilakukan 2-4 minggu ke depan. Mudah-mudahan minggu ketiga itu kemo sudah bisa dilakukan di RS Dharmais," sambungnya.

Lebih lanjut Fauzi menerangkan pelaksanaan kemoterapi ini bisa terlaksana 3-4 minggu.

Jika Sinta Aulia bisa survive dengan obat dan tahapan kemoterapi, maka selanjutnya akan dilakukan pemasangan kaki palsu.

"Pada orang dewasa biasanya kita pergunakan kaki palsu itu adalah sekitar 3 bulan, tapi mungkin pada ananda Sinta karena anak-anak, masih panjang perjalanannya. Sehingga kita lihat 3 bulan ke depan, saya kira itu rencana pengobatan untuk ananda Sinta," pungkasnya.

Rekomendasi