Situasi Terkini Demo BEM SI: Mahasiswa Bertahan di Patung Kuda, Mencoba Tembus Barikade Kawat Berduri

| 28 Mar 2022 17:07
Situasi Terkini Demo BEM SI: Mahasiswa Bertahan di Patung Kuda, Mencoba Tembus Barikade Kawat Berduri
Aksi BEM SI dok. Ilham/era.id

ERA.id - Aksi massa yang tergabung dalam Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) memadati kawasan Patung Kuda, Jakarta, Senin (28/3/2022).

Massa demo menyampaikan sejumlah tuntutan, di antaranya menolak penundaan pemilu 2024.

Pantauan di lokasi, Senin (28/3/2022) sore, terlihat massa aksi mulai mencoba untuk merangsek menuju depan Istana. Polisi pun terlihat bersiaga. Belum diketahui apakah aksi tersebut akan membubarkan diri karena tenggat waktu aksi demo adalah pukul 18.00.

Sebelumnya, mereka akan melakukan aksi di depan Istana Negara, namun polisi membentu barikade di sekitar Patung kuda sehingga massa gagal menyampaikan aspirasinya di depan Istana.

Dalam aksinya, BEM SI menyampaikan sejumlah sikap dan tuntutannya dalam demo tersebut.

1. Menuntut pemerintah untuk bersikap tegas menolak dan memberikan pernyataan sikap terhadap penundaan pemilu 2024 atau masa jabatan 3 periode karena sangat jelas mengkhianati konstitusi negara.

2. Menuntut pemerintah untuk menunda dan mengkaji ulang UU IKN termasuk dengan pasal-pasal yang bermasalah dan dampak yang ditimbulkan dari aspek lingkungan, hukum, sosial, ekologi, politik, ekonomi, dan kebencanaan.

3. Mendesak dan menuntut Jokowi untuk menstabilkan harga dan menjaga ketersediaan bahan pokok di masyarakat dan menyelesaikan permasalahan ketahanan pangan lainnya.

4. Mendesak dan menuntut Jokowi untuk mengusut tuntas para mafia minyak goreng dan mengevaluasi kinerja menteri terkait.

5. Menuntut Jokowi untuk menyelesaikan konflik agraria yang terjadi di Indonesia.

6. Menuntut dan mendesak pemerintah untuk berkomitmen penuh dalam menuntaskan janji-janji kampanye di sisa masa jabatannya.

Sementara itu, kondisi arus lalu lintas di lokasi terpantau ramai lancar. Petugas kepolisian terlihat berjaga di sekitar area lokasi.

Rekomendasi