Kabupaten Tangerang Targetkan Vaksinasi Booster Capai 30 Persen Jelang Mudik

| 14 Apr 2022 19:36
Kabupaten Tangerang Targetkan Vaksinasi Booster Capai 30 Persen Jelang Mudik
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menargetkan pencapaian 30 persen vaksinasi dosis booster bagi masyarakat sebelum masa mudik dan lebaran tiba.

Saat ini, tengah mengupayakan penyaluran vaksinasi booster di beberapa lokasi di wilayahnya.

"Target vaksin booster mulai dari tanggal 12 hingga 25 April 2022, ada sekitar 300 ribu dosis. Mudah-mudahan paling tidak kita bisa capai 30 persen sebelum masa mudik dan lebaran," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi, Kamis (13/4/2022).

Hendra menuturkan, saat ini permintaan terhadap vaksin tersebut meningkat 100 persen, lantaran sejak dikeluarkannya peraturan pemerintah terkait warga yang ingin mudik diwajibkan sudah menerima vaksin booster covid-19. Pelaksanaan vaksin booster ini hanya boleh diikuti  masyarakat usia 18 tahun ke atas.

"Selain itu, ibu hamil juga diperbolehkan untuk vaksinasi booster dengan catatan telah lulus uji skrining yang dilakukan oleh petugas vaksin. Tapi, ibu hamil harus menggunakan vaksin berjenis Pfizer," jelasnya.

Menurut Hendra melakukan vaksinasi menjadi hal penting dalam menghadapi tradisi mudik yang dilakukan masyarakat pada Idulfitri. Mengingat lanjutnya, setiap orang akan berkumpul dengan sanak saudara, sehingga dibutuhkan perlindungan lebih agar terhindar dari penyebaran covid-19.

"Saat ini persediaan vaksin cukup aman. Hari ini kami juga sedang mengambil lagi vaksin sebanyak 100 ribu dosis. Untuk itu, ayo untuk masyarakat segera datangi lokasi vaksin, kami juga sedang menggelar vaksinasi booster sampai tanggal 25 April di Gerai Tangerang Gemilang, Kecamatan Cikupa," ungkapnya.

Hendra menambahkan, cakupan vaksinasi dosis ketiga per 12 April 2022 di Kabupaten Tangerang baru mencapai 354.136 orang atau setara dengan 16,1%.

Rekomendasi