Tak Lihat Banjir Besar di Jakarta, Wagub Ariza: Kami Baik dalam Mengendalikan

| 19 Apr 2022 14:47
Tak Lihat Banjir Besar di Jakarta, Wagub Ariza: Kami Baik dalam Mengendalikan
Ilustrasi banjir yang terjadi di Jakarta, Selasa 18 Januari 2022 (ERA.id)

ERA.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria bersyukur karena tak melihat banjir besar di Ibu Kota selama 2022.

Semuanya berkat terealisasinya berbagai program pengendali banjir. "Kami bersyukur sesungguhnya tahun ini tidak ada banjir yang berarti seperti tahun-tahun sebelumnya. Ini sudah tanggal 19 April, sampai tanggal 19 di DKI Jakarta hampir tidak terjadi banjir," katanya, Selasa (19/4/2022).

Menurut dia, pihaknya membangun program pengendalian banjir mulai dari pembangunan situ, embung, waduk, polder pompa, pengerukan, resapan air dan program lainnya.

"Nah itu menandakan bahwa kami cukup baik dalam pengendalian banjir, mudah-mudahan nanti sampai akhir April betul-betul tidak ada banjir. Itu harapan kami," ucapnya.

Sementara itu, terkait banjir yang melanda permukiman warga di Kebon Pala, Jakarta Timur, Riza mengaku pihaknya sudah mengerahkan petugas SDA untuk menangani banjir.

"SDA terus mengupayakan untuk dikendalikan agar segera surut airnya," katanya.

Sementara itu, berdasarkan Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta mencatat hingga pukul 09.00 WIB pada Selasa (19/4) genangan air ada di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan yang tersebar di 29 RT dari total 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta.

BPBD DKI merinci banjir di Jakarta Timur terdapat 28 RT yakni di Kelurahan Cawang sebanyak sembilan RT dengan ketinggian 50 cm-130 cm yang disebabkan luapan Kali Ciliwung.

Banjir juga terjadi di 19 RT di Kampung Melayu dengan ketinggian 50 cm-125 cm yang juga disebabkan luapan Kali Ciliwung.

Sementara itu, di Jakarta Selatan terdapat satu RT di Kelurahan Rawajati dengan ketinggian 90 cm karena luapan Kali Ciliwung.

BPBD DKI mencatat tidak ada pengungsi dari banjir di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan itu.

Rekomendasi