Pesan Ganjar ke Pemudik Asal Jateng di Jakarta: THR-nya untuk Borong Dagangan di Kampung

| 28 Apr 2022 21:38
Pesan Ganjar ke Pemudik Asal Jateng di Jakarta: THR-nya untuk Borong Dagangan di Kampung
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (Dok. Pemprov Jateng)

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta para pemudik yang pulang ke Jawa Tengah untuk memborong dagangan tetangga di kampung halaman masing-masing.

Hal itu disampaikan Ganjar saat melepas 5.748 pemudik Jabodetabek ke Jawa Tengah di Museum Purna Bhakti Pertiwi Kompleks TMII Jakarta, Kamis (28/4). Diaspora Jateng itu mudik menggunakan 126 bus bantuan gubernur Jateng, bupati/wali kota dan Bank Jateng.

"Saya melihat semua bahagia dan sudah rindu kampung halaman. Ya karena sudah dua tahun nggak pulang. Yang sudah dapat THR ayo ngacung. Nanti THR nya dibelanjakan untuk mborong dagangan tetangga di kampung halaman ya, biar ekonomi menggelinding," kata Ganjar.

Program mudik lanjut Ganjar memang tidak hanya sekadar sungkem kepada orang tua dan kerabat.

Menurutnya, di samping nilai-nilai religiusitas dan spiritualitas, ada dampak lain yang sangat besar dari rutinitas tahunan bangsa Indonesia itu.

Dampak itu kata dia salah satunya adalah dampak ekonomi. Banyaknya pemudik yang datang dari kota ke kampung halaman bisa mengungkit pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah masing-masing.

"Makanya kemarin-kemarin saya minta ke bupati/wali kota ayo disiapkan. Apa saja potensi yang ada di daerah yang bisa dikembangkan secara ekonomi untuk menyambut program mudik ini," imbuhnya.

Pihaknya juga sudah menyiapkan dengan menggelar pelatihan kepada para pelaku UMKM di Jateng. Mereka dilatih serta didampingi agar bisa menghasilkan produk berkualitas.

"Kita dorong agar mereka para pemudik ini, nanti kalau belanja ya yang UMKM. Yang punya temen, punya tetangga, itu diborong sehingga itu nilai ekonominya akan tumbuh," pungkasnya.

Jumlah pemudik ke Pulau Jawa tahun ini diperkirakan sebanyak 23 juta. Dari jumlah itu, sebagian besar pemudik adalah warga Jawa Tengah.

Rekomendasi