Tak Terburu-buru Bentuk Koalisi hingga Pencapresan, PDIP: Semua Ada Hitungan dan Momentumnya

| 01 Aug 2022 10:16
Tak Terburu-buru Bentuk Koalisi hingga Pencapresan, PDIP: Semua Ada Hitungan dan Momentumnya
Hasto Kristiyanto (Dok. PDIP)

ERA.id - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaskan partainya tak terburu-buru menentukan langkah untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, termasuk soal pencapresan hingga pembentukan koalisi.

Hasto bilang, soal capres-cawapres, PDIP menunggu momentum yang ada. Sementara untuk caleg, akan ada perhitungannya sendiri.

"Nanti pada saat pendaftaran caleg, pendaftaran capres dan cawapres karena ada hitung-hitungannya, ada momentumnya, ada kalkulasinya. Itu sesuai dengan tradisi kita sebagai kebudayaan yang mewarisi kebudayaan nusantara, pendaftaran caleg, pendaftaran capres-cawapres itu nanti ada hitungan-hitungan hari," kata Hasto di Jakarta, Minggu (31/7/2022).

Dia pun menjelaskan, komunikasi politik sudah dilakukan PDIP. Bahkan, di DPR dengan fraksi lain sudah terus dilakukan oleh Puan Maharani selaku Ketua DPR RI dan Utut Adianto selaku Ketua Fraksi PDIP di DPR.

"Mbak Puan sebagai Ketua DPR juga membangun komunikasi yang intens, baik secara vertikal maupun horizontal dengan jajaran pemerintah negara mupun partai dan pimpinan fraksi," ungkap Hasto.

Hasto menekankan, PDIP saat ini lebih fokus untuk mengawal setiap tahapan Pemilu 2024 dijalankan sebaik-baiknya. Namun, Hasto tetap mengapresiasi sejumlah partai politik yang telah membangun koalisi sejak awal.

"Sehingga nanti pemilu itu nanti menjadi orkestrasi dari prestasi. Itu yang harusnya dibawa dalam peningkatan kualitas demokrasi kita. Orkestrasi dari gagasan di dalam membangun kemajuan Indonesia Raya itu yang disiapkan oleh PDIP. Nanti ada waktunya kan. Kita sekarang sudah bekerja sama dengan Golkar, Gerindra dengan PKB, PPP dengan NasDem kemudian PAN terakhir, jadi tidak ada masalah kerja sama dengan PDIP," papar Hasto.

Rekomendasi