Bocoran Isi Piagam Deklarasi PKB-Gerindra: Sepakati Capres-Cawapres dari Masing-Masing Kader

Tim Editor

Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar (Antara)

ERA.id - Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid membocorkan isi piagam deklarasi koalisi antara PKB dan Partai Gerindra.

Menurutnya, dalam piagam itu akan disepakati mengenai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 2024.

Jazilul mengatakan, PKB dan Partai Gerindra sepakat mengusung kader dari masing-masing partai untuk dijadikan pasangan capres dan cawapres.


"Setidaknya piagam deklarasi itu menyepakati presiden dan wakil presiden itu dari kader partai masing-masing, saya pikir udah cukup itu," ujar Jazilul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Meski begitu, kedua partai tersebut belum memutuskan siapa tokoh yang akan diusung.

Namun, Jazilul mengatakan, baik PKB maupun Partai Gerindra sama-sama memiliki kader terbaik untuk dicalonkan.

Jazilul lantas mencontonkan, di Partai Gerindra ada Ketua Umum Prabowo Subianto. Sementara di PKB ada Ketua Umum Muhaimin Iskandar.

"Ya kan kita belum sebut nama, dari kader partai masing-masing. Kader partai terbaik di Gerindra itu Pak Prabowo, kader partai terbaik di PKB Gus Muhaimin," kata Jazilul.

Wakil Ketua MPR RI itu mengatakan, saat ini partainya tak mau terburu-buru menentukan siapa tokoh yang akan dicalonkan. Bagi PKB, yang terpenting adalah mendeklarasikan koalisi bersama Partai Gerindra.

"Ya yang penting koalisi dengan Gerindra. Soal figur kan teknis nanti," katanya.

Sementara, soal kemungkinan adanya anggota baru koalisi setelah PKB dan Gerindra deklarasi, kata Jazilul tidak akan ada masalah.

Nantinya, partai politik yang akan bergabung dengan koalinya tetap akan diajak berdiskusi untuk memilih tokoh yang akan diusung pada Pilpres 2024.

"Ya tentu, karena diskusinya untuk pemenangan ya. Diskusinya bukan hanya sekedar pasangan presiden dan wakil presiden aja, tapi ini soal kepentingan bersama untuk rakyat sekaligus memenangkan pemilu," ujar Jazilul.

Untuk diketahui, Gerindra dan PKB akan mendeklarasikan koalisi pada 13 Agustus 2022. Sekaligus Rapimnas Gerindra yang bakal mengukuhkan Prabowo Subianto sebagai capres dari Gerindra.

Tag: Jazilul pkb Partai Gerindra prabowo muhaimin iskandar

Bagikan: