Moeldoko Ajak Pemuda Jaga Ketahanan Pangan Nasional: Pertanian Bukan Sekadar Berlumpur-lumpur

| 14 Aug 2022 12:12
Moeldoko Ajak Pemuda Jaga Ketahanan Pangan Nasional: Pertanian Bukan Sekadar Berlumpur-lumpur
Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko (Dok. Istimewa)

ERA.id - Bertepatan dengan Hari Pramuka Nasional 2022, Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko mengajak gerakan Pramuka Indonesia yang didominasi oleh anak muda untuk mulai terlibat langsung mengembangkan sektor pertanian dan turut jaga ketahanan pangan nasional.

Seruan ini bukan tanpa alasan karena berdasarkan laporan Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Kwarnas Gerakan Pramuka tahun 2020, jumlah anggota gerakan pramuka di Indonesia adalah sebanyak 25,27 juta orang, dengan 24,01 juta diantaranya adalah anak muda.

Jumlah keanggotaan Pramuka yang besar ini lah, menurut Moeldoko, bisa menjadi kekuatan yang mampu membantu upaya pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional di tengah ancaman krisis pangan global.

"Jika anak-anak muda Pramuka turut terjun memperkuat pertanian Indonesia, mereka juga akan mampu membantu pemerintah Indonesia tingkatkan ketahanan pangan nasional," seru Moeldoko.

"Kaum muda yang menjadi subjek dan objek gerakan Pramuka perlu untuk peduli pada isu pertanian dan ketahanan pangan," katanya.

Moeldoko yang juga ketua umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) mengajak masyarakat untuk tidak pesimis terhadap jumlah petani yang mulai berkurang tergerus jaman. Menurutnya, pemerintah sudah giat mendorong gerakan petani milenial dan transformasi digital sektor pertanian.

"Anak-anak muda Pramuka perlu melihat sektor pertanian bukan sekadar berlumpur-lumpur. Dalam pertanian ada sektor riset, ada sektor budidaya, ada sektor trading dan ada sektor pengembangan teknologi. Jadi cakupan sektor pertanian sangat luas," kata Moeldoko.

Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka yang juga Direktur Utama Badan Usaha Logistik (Bulog), Komisaris Jenderal Pol (Purn) Budi Waseso, pun mengamini seruan Moeldoko.

Ia memiliki visi agar anggota Pramuka memberikan dukungan kepada program strategis nasional pemerintah. Salah satunya adalah dengan menjadi agen pendistribusian, swasembada dan ketahanan pangan nasional.

Rekomendasi