Jokowi Kenakan Pakaian Adat Buton Saat Upacara Detik-Detik Proklamasi

| 17 Aug 2022 08:58
Jokowi Kenakan Pakaian Adat Buton Saat Upacara Detik-Detik Proklamasi
Jokowi memakai baju adat Buton, Dolomani, dari Sulawesi Tenggara, saat Upacara HUT ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2022)

ERA.id - Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian Dolomani berwarna merah, baju adat Buton, saat upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

"Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini Baju Dolomani dari Buton," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi mengajak masyarakat Indonesia menebak pakaian adat yang akan dikenakannya pada saat upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77. Tebak-tebakan itu diunggah di akun Instagram resminya @jokowi.

"Selamat pagi. Puncak peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI tinggal dua hari lagi. Seperti tahun-tahun yang lalu, saya dan Ibu Negara akan datang ke upacara dengan busana adat daerah," tulis Jokowi dalam unggahannya.

"Pilihannya sungguh banyak, sebanyak jumlah suku di Nusantara," lanjutnya.

Seperti diketahui, mengenakan pakaian adat dari daerah-daerah di Indonesia sudah menjadi kebiasaan Jokowi saat memimpin upacara HUT RI.

Selain itu, Jokowi juga megenakan pakaian adat saat menghadiri dan menyampaikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR RI bersama DPR RI dan DPD RI.

Rekomendasi