Safari Politik Dimulai dari Nasdem, PDIP Bakal Pertimbangkan Ganjar Maju Pilpres?

| 21 Aug 2022 17:00
Safari Politik Dimulai dari Nasdem, PDIP Bakal Pertimbangkan Ganjar Maju Pilpres?
Puan Maharani dan Hasto Kristiyanto (Dok. PDIP)

ERA.id - Ketua DPP PDIP Puan Maharani menanggapi soal tiga bakal calon yang diusung Nasdem menjadi Capres 2024.  Ia menjelaskan PDIP memiliki mekanisme sendiri untuk mengusung capres dan cawapres.

"Jadi semua partai itu punya mekanisme masing-masing, jadi jangan disamakan bahwa partai satu sudah mengumumkan, partai lain harus mengumumkan. Kita nanti itu pengumuman capres dan cawapres sesuai dengan aturan yang sudah disampaikan oleh KPU baru tahun depan bulan Oktober sampai November kita tunggu aja disitu, semua calon itu masih bisa berubah," katanya di Jakarta, Minggu (21/8/2022).

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto juga menanggapi hal yang sama. Menurutnya, capres yang akan diusung partainya menjadi kewenangan Megawati dan diumumkan saat momentum yang tepat.

"Siapa yang akan dicalonkan oleh partai dan seluruh muara dari kerjasama parpol, baik yang sudah terbentuk melalui KIB misalnya, melalui Gerindra dan PKBitu muaranya akan tetap pada siapa yang akan menjadi capres dan cawapres," kata Hasto pada kesempatan yang sama, Minggu (21/8/2022).

Ia menegaskan saat ini yang menjadi prioritas soal bagaimana konsolidasi ke bawah agar bersama pemerintahan Jokowi dapat mewujudkan kehidupan yang lebih baik. Tapi ia tak menafikkan pentingnya silaturahmi dan dialog antar partai politik.

"Silaturahmi dengan parpol lain kan sangat penting, dialog dengan parpol lain sangat penting untuk dilakukan," katanya.

Rekomendasi