Kronologi Lengkap Kasus Pembunuhan di Papua: Korban Dimutilasi Dimasukkan ke Karung Bersama Batu Kemudian Dibuang ke Sungai

| 29 Aug 2022 20:42
Kronologi Lengkap Kasus Pembunuhan di Papua: Korban Dimutilasi Dimasukkan ke Karung Bersama Batu Kemudian Dibuang ke Sungai
Warga sipil yang jadi tersangka kasus mutilasi melibatkan anggota TNI (Dok Polda Papua)

ERA.id - Pelaku pembunuhan mutilasi ke empat warga sipil di Kabupaten Mimika, Papua terungkap. Polisi menyebut, ada 10 tersangka dari kasus ini.

"Dari hasil penyelidikan anggota berhasil mengetahui pelaku dari pembunuhan tersebut, yakni berinisial APL alias J, DU, RL, RMH (DPO), dan 6 oknum anggota TNI," ujar Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangannya, Senin (29/8/2022).

Kamal menerangkan kasus ini terjadi SP 1 Distrik Mimika Baru Kabupaten Mimika, pada Senin, (22/8), sekitar pukul 22.00 WIT lalu. Empat korban dari peristiwa itu adalah Arnold Lokbere, Irian Nirigi, Leman Nirigi, dan Atis Tini.

"Modus dari para pelaku melakukan aksinya karena korban hendak membeli senjata api dari para pelaku, kemudian para pelaku menyiapkan benda menyerupai senjata api untuk meyakinkan korban," ungkapnya.

Korban pun tertipu dan ke-9 pelaku ini melakukan pembunuhan ke para korban.

Setelah melakukan pembunuhan, sambungnya, para pelaku membawa seluruh korban ke Sungai Kampung Pigapu, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika untuk dibuang. Korban, kata dia, akan dibuang dengan dibungkus di dalam sebuah karung.

"Sebelum dibuang, ke-4 korban semuanya dimutilasi dan anggota badan di taruh dalam 6 karung berbeda, selanjutnya diisi batu-batu dan di buang ke Sungai Kampung Pigapu, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika," imbuhnya.

Usai membuang korban, para pelaku menuju ke Jalan masuk Galian C Kali Iwaka untuk membakar mobil Toyota Calya yang dirental oleh korban. Kamal menerangkan polisi menerima laporan bahwa ada mobil terbakar di Jalan masuk Galian C Kali Iwaka, Selasa (23/8/2022).

Polisi langsung menuju TKP untuk mengecek kendaraan tersebut dan ditemukan satu unit mobil Toyota Astra calya bewarna merah tanpa pelat nomor. Mobil dengan nomor rangka MHKA6GJ6JKJ115394 itu telah hangus terbakar dan masih sedikit mengeluarkan asap.

Penyelidikan pun dilakukan dan korban Arnold Lokbere ditemukan di Sungai Kampung Pigapu, distrik Iwaka, Kabupaten Mimika. Dan sekitar pukul 18.55 WIT di SP 1 Mimika, sambungnya, ditemukan satu unit mobil Avanza. Mobil ini direntalkan Arnold Lokbere bersama 3 korban lainnya

"Pada Jumat (27/8) sekitar pukul 16.00 WIT anggota kembali menemukan salah satu korban (dalam identifikasi) di Sungai Kampung Pigapu, distrik Iwaka, Kabupaten Mimika," sambung Kamal.

Kasus ini berhasil terungkap setelah polisi melakukan penyelidikan di sekitar TKP dan memeriksa CCTV. Usai melakukan penelusuran, polisi berhasil mengetahui identitas pelaku.

Total, ada 10 pelaku dari kasus pembunuhan mutilasi ini, di mana satu orang masih DPO. Dari kesembilan tersangka yang berhasil diamankan, enam diantaranya adalah oknum personel TNI.

Kamal pun mengungkap, identitas kedua korban yang ditemukan ini telah berhasil terindentifikasi. Diketahui, salah satu korban merupakan simpatisan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Dari hasil penyelidikan diketahui salah satu korban atas nama Leman Nirigi adalah jaringan dari simpatisan KKB Nduga pimpinan Egianus Kogoya yang aktif mencari senjata dan amunisi di Kabupaten Mimika," ucap dia.

Atas perbuatannya, para pelaku dikenakan dengan Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP Jo. Pasal 55-56 KUHP dan atau pasal 365 KUHP, dengan ancaman maksimal hukuman mati.

Rekomendasi