Puan Temui Surya Paloh dan Prabowo, Ganjar Sarankan Silaturahmi ke Semua Parpol: Kalau Perlu Juga ke Partai-Partai Baru

| 07 Sep 2022 12:14
Puan Temui Surya Paloh dan Prabowo, Ganjar Sarankan Silaturahmi ke Semua Parpol: Kalau Perlu Juga ke Partai-Partai Baru
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (Dok. Pemprov Jateng)

ERA.id - Politisi PDI Perjuangan sekaligus Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merespons safari politik Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, ke sejumlah pimpinan partai politik.

"Oh iya, Mbak Puan ini Ketua Bidang Politik (PDIP), maka Bu Mega sudah memerintahkan Mbak Puan untuk bersilaturahmi dengan para pimpinan partai. Menurut saya ini cara yang bagus," ujar Ganjar di Semarang, Rabu (7/9).

Ganjar dan Puan adalah kader PDIP yang digadang-gadang jadi kandidat calon presiden pada 2024. Jika elektabilitas Ganjar menurut lembaga survei selalu tinggi, elektabilitas Puan dinilai masih terlalu rendah.

Hubungan keduanya pun diisukan renggang. Saat ini Puan aktif melakukan pertemuan dengan sejumlah ketua umum parpol, seperti Ketum Nasdem Surya Paloh dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Dari safari itu, menurut Ganjar, ada beberapa hal yang bisa dibicarakan. Dialog itu akan menentukan arah bangsa. "Ada beberapa yang bisa dibicarakan dengan asyik, menarik, dan di situ bisa berdialog lebih banyak bagaimana membawa bangsa ini ke depan," lanjutnya.

Namun ia menambahkan safari tersebut semestinya dilakukan ke semua partai politik. Dengan begitu, PDIP bisa mendorong persatuan.

"Rasa-rasanya lebih banyak partai yang dikunjungi lebih baik. Kalau bisa semua partai, sehingga PDIP betul-betul bisa menjadi partai yang nanti bisa mendorong rekonsiliasi karena 10 tahun terakhir tentunya ada stigma-stigma yang muncul," tuturnya.

Ganjar bahkan menyebut pertemuan juga perlu dilakukan dengan pimpinan partai politik baru. "Kunjungan Mbak Puan ke beberapa pimpinan partai menarik menurut saya dan ini perlu dilakukan silaturahmi kepada seluruh partai yang ada di Indonesia. Kalau perlu juga kepada partai-partai baru," ujarnya.

Rekomendasi