Soal Capres Pilihan Megawati, Puan: Yang Berdarah-darah untuk PDIP

| 24 Sep 2022 14:09
Soal Capres Pilihan Megawati, Puan: Yang Berdarah-darah untuk PDIP
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Foto: Antara)

ERA.id - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani meminta para kader di daerah untuk bersabar menunggu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan siapa calon presiden (capres) yang akan diusung di Pilpres 2024.

Namun, Puan meyakini bahwa Megawati akan menunjuk capres yang sudah berdarah-darah untuk PDIP.

Hal itu disampaikan Puan saat memimpin konsolidasi partai di tingkat DPC PDIP Majalengka dan DPC PDIP Subang pada Kamis (22/9).

"Jadi kita serahkan ke Ibu Megawati tentang Capres, bahwa kita akan memiliki Capres yang sudah berbuat dan berdarah untuk PDI Perjuangan, yang akan mau terus memperjuangkan ideologi Pancasila, memperjuangkan cita-cita Bung Karno," tegas Puan dikutip melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (24/9/2022).

Puan mengaku mendapat perintah dari Megawati untuk memimpin konsolidasi partai di daerah-daerah. Karenanya, dia meminta agat Jawa Barat dapat kembali menjadi kandang banteng.

"Maka itu sekarang saya datang ke sini. Apalagi kita tahu bahwa Jawa Barat adalah bagian dari kunci penting kemenangan Pemilu. Jawa barat ini kandang banteng!” kata Puan.

Meski begitu, Puan menyayangkan suara PDIP yang turun di Jawa Barat dalam Pemilu terakhir. Ia pun meminta agar kekompakan kader-kader PDIP dijaga sehingga bisa kembali menuai kemenangan di Jawa Barat.

“Tolong jangan egois, demi kemenangan keluarga besar PDI Perjuangan. Kita menang dulu di Pileg dan Pilpres, setelah itu gampang menang Pilkada,” tegasnya.

Puan lalu menyinggung mengenai tahapan yang sudah mulai dilakukan internal partai terkait Pileg 2024. Saat ini, PDIP telah mendata para bakal calon legislatif.

“Tolong proses ini dikawal dan diperhatikan benar-benar. Harus ada objektivitas dan keadilan dalam menjalankan proses ini karena terkait potensi kemenangan PDI Perjuangan, Jangan hanya karena suka atau tidak suka personal, ini partai kita bersama,” tegas Puan.

Lebih lanjut, mantan Menko PMK tersebut mengingatkan tahapan Pemilu yang padat dan hanya bersisa sekitar 1,5 tahun lagi hingga sampai pelaksanaannya. Oleh karena itu, Puan meminta seluruh kader agar selalu solid.

“Terakhir saya ingatkan bahwa kita harus selalu bergotongroyong dalam perjuangan Partai. Kita semua kalau mau membawa PDI Perjuangan menang hattrick maka harus gotong royong,” pungkasnya.

Rekomendasi