Santoso Demokrat: Negeri Kita Seperti Orde Baru, DPR RI Hanya Cap Stempel Pemerintah

| 27 Sep 2022 13:31
Ilustrasi gedung DPR RI (Antara)

ERA.id - Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Santoso menilai kalau pemerintahan saat ini seperti Orde Baru. Sedangkan parlemen, seperti tukang stempel yang menggolkan permintaan pemerintah.

Hal itu disampaikan Santoso saat interupsi dalam Rapat Paripurna DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/9/2022).

Santoso lantas mengutip lirik lagu Bongkar milik Iwan Fals. Menurutnya, lirik lagu tersebut masih sangat relevan dengan kondisi saat ini.

Karenanya, dia meminta agar DPR RI tidak hanya sekadar menjadi tukang stempel yang mengabulkan keinginan pemerintah saja. Melainkan menyuarakan aspirasi masyarakat.

"Janganlah kita di DPR ini seperti era Orde Baru, di mana DPR benar-benar sebagai cap stempel apa yang dilakukan pemerintah selalu yes, selalu oke, sementara bertentangan dengan nurani dan kehendak rakyat," kata Santoso.

Santoso berharap, pada 2023 nanti, DPR RI bisa memperbaiki diri dan bekerja sesuai fungsi dan tugasnya. Dia menegaskan, fraksi Demokrat akan terus berjuang untuk perubahan.

"Semoga ke depan menjelang tahun 2023, di mana kita akan bekerja sesuai dengan fungsi kita masing-mising di DPR dalam rangka memperbaiki negeri ini," kata Santoso.

"Kami dari Partai Demokrat akan berjuang melakukan perubahan dan perbaikan," pungkasnya.

Rekomendasi