Sekjen PDIP Sebut Alam Tak Bersahabat dan Banyak Banjir Setelah Nasdem Deklarasi Anies

| 10 Oct 2022 19:50
Sekjen PDIP Sebut Alam Tak Bersahabat dan Banyak Banjir Setelah Nasdem Deklarasi Anies
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di acara diskusi Fisipol UGM, Senin (10/10). (Wawan H/ ERA)

ERA.id - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto meminta Partai Nasional Demokrat (Nasdem) harus menjawab pertanyaan masyarakat seputar deklarasi Anies Baswedan sebagai bakal capres.

"Banyak yang bertanya ini setelah Pak Anies dideklarasikan (Nasdem) kenapa alam seperti tidak bersahabat lalu muncul banyak banjir? Itu pertanyaan masyarakat. Itu Nasdem yang harus menjawab," kata Hasto di kampus Fisipol UGM, Senin (10/10).

Menurut dia, politik kerap melupakan bagaimana alam berbicara. Hal ini merespons situasi di Jakarta yang saat ini dilanda banjir. Sementara di sisi lain, Gubernur DKI Jakarta ini dideklarasikan sebagai bakal capres.

Hasto menjelaskan saat mencalonkan Joko Widodo sebagai capres, PDIP menjawab berbagai pertanyaan masyarakat seputar kebijakan Jokowi. Untuk itu, jika saat ini ada kebijakan Anies yang dipertanyaan, Nasdem yang harus menjawab.

"Kalau ada apa-apa Pak Jokowi, kami berada di depan. Itu hukum demokrasi," kata dia.

Ia menegaskan, PDIP tidak menyayangkan atau mencampuri keputusan Nasdem yang menetapkan Anies sebagai bakal capres. "Itu kedaulatan dan tu tsrategi tiap partai," ujarnya

Hanya saja, ia menyayangkan pencalonan atas sosok yang punya prioritas berbeda dari partai koalisi pemerintahan Jokowi saat ini.

"Jangan sampai prioritas pemerintahan Jokowi bergeser sehingga kontestasi terlalu dini apalagi punya policy berbeda," kata dia.

Kebijakan yang berbeda itu seperti pemindahan ibu kota yang hendak dilakukan Jokowi. Sementara, kata Hasto, Anies menyatakan sebaliknya yakni hendak mempertahankan ibukota di Jakarta.

"Jangan sampai mencalonkan yang seseorang dengan kebijakan yang berbeda. Ini akan kontradiktif," kata dia.

Rekomendasi