Memasuki Tahun Politik, Jokowi Ingatkan Polri Harus Solid

| 15 Oct 2022 16:05
Memasuki Tahun Politik, Jokowi Ingatkan Polri Harus Solid
Presiden Jokowi setelah memberikan pengarahan kepada jajaran pejabat tinggi Mabes Polri, Kapolda, dan Kapolres se-Indonesia, di Istana Negara, Jumat (14/10/2022). (Biro Pers Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada Polri untuk tetap solid menyambut tahun politik. Hal ini ia sampaikan di Istana Merdeka pada hari Jumat (14/10/2022) di hadapan para petinggi Polri hingga ketua kepolisian tingkat daerah dan wilayah seluruh Indonesia.

Jokowi mengingatkan Polri solid baik di internal maupun di luar.

"Harus ditunjukan soliditas di internal Polri dulu. Rampung. Kemudian soliditas Polri dan TNI. Itu yang akan mengurangi tensi politik ke depan," ucap Jokowi.

Jokowi juga menghimbau para Kapolda dan Kapolres untuk memiliki kepekaan posisi politik, karena mereka merupakan pimpinan tertinggi di wilayah masing-masing.

"Sense of politic-nya juga harus ada," ucap Jokowi. Ia mengharapkan jajaran Polri tidak bermain politik. "Tetapi harus mengerti masalah politik karena akan masuk dalam tahapan tahun politik," terangnya.

Menurut Jokowi, stabilitas politik dan keamanan negara juga tergantung kepada soliditas Polri dengan TNI. "Kalau dilihat Polri solid, kemudian bergandengan dengan TNI solid, saya memberikan, bolak balik saya sampaikan, saya memberikan jaminan stabilitas keamanan kita, stabilitas politik kita pasti akan baik," ucap Jokowi.

"Enggak ada yang berani coba-coba. Kalau coba-coba ya tegas aja!" tambahnya.

Rekomendasi