Nyatakan Siap Jadi Capres 2024, Ganjar Pranowo: Kalau untuk Bangsa dan Negara Apa sih yang Kita Tidak Siap

| 19 Oct 2022 07:08
Nyatakan Siap Jadi Capres 2024, Ganjar Pranowo: Kalau untuk Bangsa dan Negara Apa sih yang Kita Tidak Siap
Ganjar Pranowo (Antara)

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan siap untuk bergerak bagi bangsa dan negara. Termasuk menjadi calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu disampaikan Ganjar saat menjawab keinginannya menjadi Presiden RI dalam suatu wawancara di televisi swasta, Selasa (18/10/2022) malam.

"Sebenernya kalau untuk bangsa dan negara apa sih yang kita tidak siap," kata Ganjar.

Ganjar melihat dua realitas, yaitu dirinya merupakan kader partai politik PDI Perjuangan, dan realitas sosial hasil survei yang menempatkan dirinya memiliki elektabilitas tinggi.

Dalam kaitannya dengan kader partai, Ganjar menilai semua anggota partai harus siap jika memang diusung menjadi presiden. Sebab, setiap partai pasti memilih anak-anak bangsa terbaik yang bisa memimpin Indonesia ke depan.

"Ketika partai sudah membahas secara keseluruhan dan dia akan mencari anak-anak bangsa yang menurut mereka terbaik, menurut saya semua orang mesti siap soal itu," kata Ganjar.

Meski begitu, Ganjar menekankan etika politik sebagai kader partai. Ia menghormati proses politik di PDI Perjuangan yang belum menentukan calon presiden dan calon wakil presiden.

Serta realitas survei calon presiden yang sering kali menempatkan elektabilitas Ganjar di tiga besar. Menurut Ganjar, suara rakyat tidak boleh diabaikan.

"Maka kenapa di awal sebagai etik politik tentu saja kami sangat menghormati satu PDI Perjuangan sebagai partai saya, dua relasi yang dibangun oleh partai-partai yang sekarang sedang berbincang dan yang kedua tentu terkait dengan realitas yang ada di survei dan kemudian semua orang memperbincangkan. Kan suara rakyat juga tidak boleh diabaikan," jelas Ganjar.

Maka itu, Ganjar memberikan kesempatan bagi partai politik untuk saling berkomunikasi menentukan calon presiden dan calon wakil presiden. Ia meyakini keputusan partai politik mengambil tokoh yang terbaik.

"Realitas survei yang memang itu ada. Maka biarkanlah kita kasih kesempatan kepada partai yang menentukan untuk mereka berdialog, mereka berkomunikasi, untuk mengambil yang terbaik. Simpel kan," ucapnya.

Sebagai informasi, nama Ganjar kerap menduduki peringkat tertinggi dalam setiap survei menyangkut elektabilitas capres 2024. Posisi Ganjar bersaing ketat dengan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Sejuah ini, Prabowo dan Anies sudah terang-terangan mendeklarasikan diri sebagai capres. Masing-masing memiliki tiket dari Partai Gerindra dan Partai NasDem. Sementara PDIP belum menentukan sikap siapa tokoh yang akan diusung pada Pilpres 2024 .

Rekomendasi