Menkes Sebut Etilen Glikol Bukan Senyawa Aktif Obat, Hanya Pelarut Tambahan: Tak Beracun Tapi Bisa Timbulkan Cemaran

| 22 Oct 2022 09:15
Menkes Sebut Etilen Glikol Bukan Senyawa Aktif Obat, Hanya Pelarut Tambahan: Tak Beracun Tapi Bisa Timbulkan Cemaran
Ilustrasi obat sirop (Antara)

ERA.id - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan etilen glikol yang mengakibatkan gagal ginjal akut pada anak merupakan cemaran. Senyawa ini ada dalam pelarut obat sirop.

"Yang namanya etilen glikol itu merupakan cemaran atau impuritis dari pelarut tambahan yang digunakan di obat-obat sirop," kata Budi dikutip dari Youtube Kemenkes, Sabtu (22/10/2022).

Ia menjelaskan obat sirop dilarutkan dengan pelarut tambahan atau solubility enhancement. Kandungan pelarut tersebut sebenarnya tak beracun.

"Ini tidak beracun sebenarnya, cuma kalau membuatnya tidak baik, dia ada impuritis, bahasa Indonesianya cemaran, cemaran itu yang mengandung senyawa kimia berbahaya etilon glikol," katanya.

Menurutnya, kalau dilihat dari daftar senyawa aktif obat, maka kandungan etilon glikol pasti tidak ada. Sebab senyawa tersebut bukan bahan aktif.

"Ini adalah pelarut tambahan yang memang sangat jarang ditulis di senyawa aktif obat. Dan pelarut tambahan ini sbnrnya juga tidak berbahaya, tapi kalau kualitas produksi pelarut tambahannya buruk, dia bisa menghasilkan impuritis atau cemaran, cemaran itu yang berbahaya," katanya.

Rekomendasi